Ratusan Desain Masker Unik Mejeng di Pameran Masker Indonesia. (Foto: Gudeg.net)

Yogyakarta, MNEWS.co.id – Indonesian Fashion Chamber (IFC) menggelar Pameran Masker Indonesia di Galeria Mall, Yogyakarta, Senin (2/11/20) dengan menampilkan puluhan karya para desainer ternama.

Acara dibuka langsung oleh GKBRAy Paku Alam X. Gusti Putri, sapaannya, mengatakan situasi pandemi Covid-19 menggiatkan kepedulian dan kreativitas pelaku industri kreatif dalam mengambil peran penting dan mendukung program pemerintah.

“Bagaimana membuat masker penutup wajah bisa tampil keren, tetapi dengan mementingkan unsur kesehatan dan fungsi secara benar. Masker yang tidak hanya sebagai alat penutup mulut dan hidung, namun masker bisa dirancang dengan gaya yang lebih fashionable,” katanya.

Ketua IFC Philip Iswandono berharap pameran yang juga ajang bisnis ini disambut baik oleh masyarakat dan memberikan edukasi bahwa masker bisa tampil fashionable. Tentunya dengan tetap memakai bahan yang nyaman dan pola yang benar sehingga masker tetap terlihat indah, cantik, nyaman dipakai.

“Kebutuhan masker ini dijembatani oleh kebutuhan pokok dari sisi fashion, tapi fashion designer berkreasi tidak hanya pakaian namun juga serasi dan matching dengan masker yang dipakai,” ungkapnya.

Sementara itu, Desainer Lia Mustafa mengatakan pandemi Covid-19 berdampak pada industri pariwisata yang mengalami penurunan yang sangat drastis, khususnya Kota Jogja. Tetapi sejak era kebiasaan baru atau new normal dimulai, aspek lintas kreatifitas pariwisata pun mulai bergerak.

“Seluruh bidang-bidang ekonomi dan kreatifitas harus segera bergerak agar perekonomian dan pariwisata Kota Jogja segera akan bangkit kembali,” tambah Lia.

Pameran masker Indonesia ini diapresiasikan pada para fashion designer dan kreator. Selain Phillip dan Lia, para desainer yang terlibat adalah Rengganis, Insaicle, Sofie Design, Elkana Gunawan, Adhy & Alie Accessories, RENDA by ‘rief House, Santri Muslim Wear, Alphiana C, Lenny Agustin, Phillip, Alma Riva, Luvia, House Of Mia.

Ada pula desainer Irna Mutiara, Nabila Sajidah Bandung, Sofie Jakarta, Elkana Gunawan Semarang, Adhy dan Alie Makassar, Arief Pontianak, Lily Gunawan Makasar, Alphiana Chandrajani/Surabaya. Desainer lainnya yakni Lenny Agustin Jakarta, Alma Riva, Lutfi Vadisa, Mia Ridwan semuanya dari jogja. Ada pula Wening’s Line, DewiQu, Hendri Budiman dan Dannique.