Ilustrasi wirausaha sosial (sociopreneur).

MNEWS.co.id – Tidak hanya tentang mencari keuntungan finansial, tetapi juga tentang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Itulah yang menjadi konsep dari kewirausahaan sosial.

Kewirausahaan sosial adalah bentuk bisnis yang fokus pada penyelesaian masalah sosial atau lingkungan dan menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

Untuk mendukung pertumbuhan konsep bisnis ini di Indonesia, Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship kembali mengundang sepuluh wirausaha sosial untuk bergabung dalam program akselerator gelombang kedua, I-SEA (Instellar–IKEA Social Entrepreneurship Accelerator).

PR & Communication Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki mengatakan, “IKEA Indonesia sangat mendukung inisiatif ini karena dapat mendorong para wirausaha sosial menuju perekonomian yang berkelanjutan, inklusif, dan adil untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari kelompok marjinal dan rentan di seluruh Indonesia.”

Selama dua tahun terakhir, I-SEA telah mendukung sepuluh wirausaha sosial di seluruh wilayah yang bergerak di bidang sirkularitas, pertanian berkelanjutan, dan material yang dapat digunakan kembali.

Pelaku wirausaha sosial yang telah mendapatkan dukungan dari I-SEA antara lain adalah Duitin, Greenie, Koinpack, Kulaku Indonesia, Liberty Society, Plépah, Qyos, Rumah Mocaf, Sustaination, dan Westbike Messenger.

Melalui program ini, peserta memperoleh manfaat dukungan finansial dan komersial untuk memperluas jangkauan serta dampaknya di pasar domestik maupun global, mengakses jaringan dan dukungan dari penasihat industri dari jaringan IKEA dan Instellar.

IKEA berkomitmen untuk menjadi perusahaan sirkular dan positif terhadap iklim pada tahun 2030. Tujuannya adalah untuk hanya menggunakan bahan terbarukan atau daur ulang dalam produk IKEA dan berhenti memproduksi limbah yang berbahaya bagi lingkungan.

Christina Niemelä-Ström, Sustainability Manager IKEA Supply menyadari jika ini bukanlah tugas yang mudah dan mereka tidak bisa melakukannya sendirian.

Inilah sebabnya, IKEA senang dapat mendukung dan belajar dari wirausaha sosial yang menerapkan solusi untuk masa depan berkelanjutan.

“Kita harus rendah hati dan belajar bersama dengan wirausahawan sosial jika kita ingin menjadi mitra jangka panjang. Program I-SEA membuka pintu terhadap cara-cara baru dalam melakukan sesuatu untuk IKEA,” tegas Christina.