Ilustrasi salad sayur. (Foto: Selerasa)

Jakarta, MNEWS.co.id – Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, tentunya diperlukan jenis-jenis makanan sehat untuk asupan nutrisi. Terlebih, saat ini banyak wabah penyakit yang berbahaya menuntut kita untuk menjaga imunitas tubuh dengan baik. Mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk jaga daya tahan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Salah satu contoh kreasi makanan yang sering digemari banyak orang adalah salad. Menurut para ahli, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur dan buah dengan total 400 gram setiap harinya. Dengan begitu, risiko munculnya penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker akan semakin berkurang. Hal itu karena sayur dan buah juga memiliki berbagai kandungan yang sehat, termasuk serat, vitamin, dan antioksidan.

Cory, Executive Chef SALAD POINT ID merekomendasikan 4 salad sehat berikut ini sebagai referensi menu berbuka atau sahur di bulan Ramadan agar nutrisi harian tubuh tetap tercukupi.

Salad Roll Vegie
Salad Roll dengan rainbow color ini dihadirkan dengan dressing spice peanut yang juara. Sayuran yang terdiri dari aneka warna memiliki manfaat kesehatan yang berbeda karena perbedaan warna ini berarti bahan sayuran memiliki vitamin dan mineral yang juga berbeda. Menurut ahli gizi, satu jenis bahan makanan belum dapat memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh, sehingga mengonsumsi sayuran aneka warna dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Summer Caesar
Caesar Salad ini disajikan dengan protein lengkap, termasuk grilled chicken, beef, grated egg, dan parmesan cheese. Crouton yang renyah juga ditambahkan di salad ini. Selain itu, salad ini juga ditambah balutan Tortilla Wrap yang nikmat, serta dipadukan dengan dressing caesar yang creamy.

Kale Caesar
Perpaduan kale dan lettuce romain yang manis dan kaya manfaat dipadukan dengan topping yang baru, yaitu Parmesan Crips. Salad ini juga dipadukan dengan dressing caesar dan perasan lemon yang juicy. Perpaduan ini membuat sensasi makan salad yang segar dan unik.

Afternoon Sandwich
Salad sandwich ini digemari oleh pelanggan yang ingin kenyang lebih lama dan memiliki porsi makan yang lebih banyak. Salad ini dibalut dengan roti gandum, serta memiliki pilihan saus dan sayuran segar yang nikmat dan gurih. Topping-nya bisa dipilih sesuai selera.

“Lettuce romaine bertekstur lembut, tetapi renyah bila digigit, sehingga sensasi makan salad dengan lettuce romaine sangat unik, bahkan pelanggan kita yang awalnya tidak suka mengkonsumsi sayur jadi ketagihan karena efek segar dan manis yang didapat. Selain itu, kale yang sering disebut sebagai ratunya sayur juga mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kale kaya akan vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6,B9, K, kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, dan garam seperti K, Na dan Zn,” ujar Cory.