Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: dok. Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah mendorong pelaku UMKM dapat berpartisipasi dalam Festival Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021. Adapun kampanye ini  akan memajukan merek lokal untuk bisa berkembang dan memajukan UMKM.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat menyukseskan Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021 yang akan diadakan pada 5 Mei 2021.

Sandiaga mengungkapkan adanya masa pandemi memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, beradaptasi, dan berinovasi. Selain itu juga betapa kuatnya potensi pasar dalam negeri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi,” ujar Sandiaga Uno.

Ia mengatakan kampanye tersebut merupakan salah satu pionir dalam membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia. Pada kampanye HBBL 2020 lalu, ada sekitar seribu jenama lokal yang ikut berpartisipasi.

Tak hanya itu, Sandiaga juga mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan HBBL 2021. Dengan harapan agar para pelaku ekonomi kreatif dapat mempromosikan bisnisnya dengan cakupan yang lebih luas.

“Maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk kepada masyarakat luas. Bahwa produk lokal tidak kalah istimewanya dengan produk luar negeri,” ungkapnya.

Sandiaga juga tak lupa juga mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu mencintai produk lokal dengan selalu menggunakan produk lokal dalam kehidupan sehari-hari. “Mari dukung terus ekonomi kreatif Indonesia dengan berbelanja di Hari Belanja Brand Lokal 2021,” tambahnya.

Sebagai informasi, bagi pelaku ekonomi kreatif yang tertarik untuk ikut serta dalam kampanye ini, dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir registrasi di situs www.hbbl2021.com secara gratis.