Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak kaum milenial untuk lebih inovatif di sektor parekraf. Diantaranya mulai merintis usaha dengan menjadi wirausaha mandiri sekaligus menjadi ujung tombak pencetakan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Saya berharap kaum milenial bisa mengambil peran untuk menjadi ujung tombak sebagai pelaku usaha pencetak lapangan kerja dan khususnya bisa memilih usaha di bidang parekraf yang memiliki 17 subsektor termasuk kuliner, fashion, dan kriya,” kata Sandiaga.

Ia juga memberikan motivasi kepada para milenial untuk terus bersemangat, bertahan, dan berinovasi di tengah pandemi untuk memulai bisnis mereka. “Sekarang banyak tantangan memulai bisnis terlebih di saat krisis selalu penuh dengan tantangan. Tetapi kalau kita dapat mengatasi tantangan tersebut maka akan menjadi pemenang. Saya sendiri memulai usaha pada saat krisis di tahun 1997. Saya di PHK dan kehilangan pekerjaan dan harus banting stir memulai usaha sebagai opsi terakhir untuk bertahan,” ungkapnya.

Menurutnya, peran pemuda-pemudi milenial harus mengambil sikap proaktif berinovasi dan juga berani ambil risiko. Sandiaga mengajak para milenial untuk membuka dan bergerak sebagai pelaku usaha di bidang parekraf. Karena 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia bergerak di sektor UMKM, dan UMKM tersebut saat banyak dimotori oleh para milenial. Menurut data yang dihimpun 70 persen UMKM tersebut bergerak di bidang parekraf.

Tidak hanya itu, pihaknya mengajak para milenial untuk berkolaborasi mengkampanyekan program-program yang sedang diusung Kemenparekraf seperti penerapan protokol kesehatan 3M dengan ketat dan disiplin saat berwisata. Selain itu juga mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Millenniart Fest merupakan sebuah program yang akan dilaksanakan oleh Indonesia Millenial Connect yang bertujuan untuk mengajak kaum milenial dan masyarakat untuk terus tetap bersemangat di kala pandemi dan turut mendukung dan menggerakkan kembali sektor perekonomian dalam bidang industri kreatif dan pariwisata.

Melalui program yang disusun tersebut diharapkan industri kreatif di Indonesia dapat tetap berkembang dan melalui donasi yang diberikan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat di daerah tujuan wisata.

Daerah yang menjadi tujuan penyaluran donasi program Millenniart Fest yaitu Kepulauan Karimunjawa yang terletak di Jawa Tengah dan Pulau Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur.