Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM. (Foto: CNBC Indonesia)
Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM. (Foto: CNBC Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap  media untuk berperan aktif untuk pengembangan koperasi dan UKM di Tanah Air.

Teten pun mengajak para pemimpin redaksi untuk menginisiasi langkah bersama untuk memakai produk lokal dan aktif memasarkan produk UKM.

“Peran media sangat signifikan sebagai fungsi penyampaian informasi dan pemasaran sehingga produk lokal dan produk UKM bisa semakin luas pemasarannya,” katanya.

Teten menjelaskan bahwa koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memegang peran yang signifikan di Indonesia sebagai sektor yang digeluti oleh lebih dari 90% pelaku usaha.

Kementerian Koperasi dan UKM juga mengembangkan enam program stretegis untuk mendorong lebih dari 62 juta pelaku UMKM tumbuh dan naik kelas.

Teten menambahkan produk UMKM ke depan harus menjadi produk unggulan yang saat ini ekspornya mencapai 14% dan diharapkan terus meningkat. Di sisi lain, koperasi didorong untuk terus melakukan inovasi melalui fintech agar semakin berdaya saing.

“Saat ini kami punya enam program strategis yakni memperbesar market pasar produk UMKM agar ada market driven bukan hanya konsumsi domestik tapi juga ekspor,” ungkap Teten.

Selanjutnya diperlukan adanya kolaborasi aktif antara Kemenkop UKM dengan insan media untuk mengoptimalkan upaya pengembangan koperasi dan UKM di Indonesia.

Acara yang mengambil tema Ngetem X Pemred itu digelar di Gedung Smesco pada 8 Januari 2020 lalu dan dihadiri sebanyak 45 pemimpin redaksi (Pemred) dari berbagai media massa termasuk cetak, online, radio, dan televisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here