Produk Bakwan Pontianak. (Foto: Instagram/bakwan.men)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di masa pandemi ini, banyak masyarakat yang mencoba mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu peluang bisnis yang banyak dicoba adalah berbisnis kuliner seperti jajanan atau gorengan.

Siapa yang tidak suka makan gorengan? Makanan ringan satu ini banyak digemari hampir semua kalangan. Berbagai macam ragam jenis gorengan yang telah populer di masyarakat dan salah satunya adalah bakwan.

Saat ini beberapa kudapan asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat semakin dikenal dan mampu bersaing dengan penganan lain dari seluruh Indonesia. Salah satu camilan tradisional asal kota ini yang kini tengah naik pamornya adalah bakwan ala Pontianak.

Agung Nurdin salah satu pelaku usaha yang mengembangkan usaha camilan bakwan khas Pontianak dengan mengusung brand Bakwan Men!. Usaha gorengan bakwan buatan Agung dirintis di tengah masa pandemi sejak November 2020.

“Usaha ini dibangun karena memang saya suka kuliner, serta melihat peluang bisnis kuliner yang masih bisa berkembang di era pandemi. Nah, peluang gorengan bakwan ini peminatnya cukup tinggi,” kata Agung saat dihubungi oleh tim M-News.

Selain itu, Ia memilih bakwan untuk usaha kulinernya di Jakarta dan Tangerang dengan salah satu pertimbangan karena makanan berbahan dasar tepung dan aneka sayuran ini sangat familiar dengan lidah orang Indonesia.

Tampilan produk Bakwan Men! ala Pontianak. (Foto: dok. Bakwan Men!)

Agung membanderol satu potong bakwan goreng seharga Rp2.500,- hingga Rp5000,-. Berbagai varian rasa bakwan yang dihadirkan mulai dari rebon, teri medan, smoked brisket, original mix, udang, dan jagung. Bakwan Men! ala Pontianak ini juga menghadirkan menu paket dalam kemasan box yang dibanderol mulai dari Rp12.500,- hingga Rp80.000,- tergantung dari varian rasanya.

Dalam sehari, Bakwan Men! mampu memproduksi 1000 pcs bakwan yang dijual di setiap outletnya. Saat ini, proses produksi dibantu oleh 3 orang karyawan yang dilakukan di rumah dan setelahnya didistribusikan ke outlet untuk diolah. Kini, Bakwan Men! telah memiliki dua outlet yang terletak di Rawa Belong, Jakarta Barat dan Ciledug, Tangerang.

Untuk memperluas pasar, saat ini Agung pun mulai memasarkan produknya melalui media sosial Instagram, WhatsApp, dan strategi pemasaran dengan menggunakan KOL (key opinion leader). Selain itu, Agung juga suka memberikan beberapa free tester kepada konsumennya.

Ia mengaku untuk berjualan secara online, dirinya terus belajar memperluas media pemasaran agar produknya semakin dikenal oleh konsumen. Salah satunya adalah memposting produknya dengan tampilan yang menarik di Instagram, sehingga lebih memikat pelanggan maupun calon konsumennya.

Menurutnya, dengan pengembangan bisnis yang dilakukan yakni dari sisi pengemasan yang menarik dan pemasaran online, cukup mampu meningkatkan penjualannya. Ke depannya, Agung berencana ingin memperluas usaha dengan membuka setidaknya 50 cabang di Jakarta. Ia pun berharap dengan membuka outlet baru sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja yang sedang membutuhkan.