ilustrasi memasak di rumah. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pandemi Covid-19 nampaknya belum juga berakhir di Indonesia. Alhasil, banyak pekerja kantoran kembali memperpanjang ngantor di rumah alias work from home (WFH). Tak perlu khawatir, selama WFH banyak cara agar kita tetap bahagia, salah satunya dengan memasak.

Hal ini pula yang dilakukan Chef Andry Abboud. Bagi Abboud, memasak mempunyai banyak fungsi antara lain membantu mengembangkan diri, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kesabaran, menenangkan hati, meredakan stres, dan membuat bahagia.

“Saya selalu mengatakan bahwa dapur merupakan dunia yang berbeda, dunia dengan aturan main sendiri. Saya selalu encourage orang dengan mengatakan bahwa ‘hampir tidak ada yang salah di dapur kita’. My kitchen, my rules! Itu sebab di dapur rumah, kita bisa menjadi diri kita sendiri, menjadi kreatif tanpa batas. Bukankah membahagiakan bisa menjadi diri sendiri di dunia yang kita ciptakan?,” ujar Abboud.

Menurutnya, makan merupakan kebutuhan hidup, sementara memasak merupakan pilihan. Oleh karena itu bila kita melakukan pilihan hidup, kita dapat melakukannya dengan sepenuh hati. Hal inilah yang membuat ketika kita memasak maka akan membuat kita bahagia.

Abboud mengungkapkan, hak memilih juga ada ketika kita menyusun menu, menentukan rasa, membuat diri kita dan keluarga merasakan nikmat makan, menambah pengalaman baru dengan mencoba menu baru, dan lainnya. Tidak ada menu khusus untuk menunjang kebahagian. Karena kepercayaan diri itu salah satu faktor yang menunjang kebahagiaan ketika memasak.

Terkait riset bahwa memakan makanan yang sudah masak menjadikan kita bahagia, Abboud memaparkan, untuk sebagian orang memang benar makan makanan yang sudah masak bisa menjadi kita bahagia. Karena sebagian orang lainnya kadang-kadang cukup puas dan bahagia melihat keluarga dan teman menikmati hasil masakan kita.

Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia Ichiro Sakakura mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen dan berkontribusi di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya adalah meningkatkan kebahagiaan masyarakat melalui menu-menu yang disajikan melalui Corporate Movie terbaru.

Menu masakan dari Ajinomoto juga bisa dilihat pada www.dapurumami.com. “Di sana tersedia aneka ragam menu yang bisa dimasak oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk Anda yang kebingungan cari inspirasi masakan di tengah pandemi ini,” ujar Ichiro.

Dapur Umami® merupakan platform dari perusahaan untuk semua orang mendapatkan berbagai referensi menu yang praktis, lezat dan bergizi yang telah hadir sejak tahun 2011. “Kami ingin terus berkontribusi bagi Masyarakat Indonesia, meski dalam situasi pandemi Covid-19 dan beradaptasi dengan era new normal,” katanya.