Ilustrasi. (Foto: freepic.com)

MNEWS.co.id – Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atau sebaliknya. Era social commerce pun menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan bagi masyarakat, salah satunya melalui live shopping.

“Tokopedia membuat berbagai inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce, salah satunya kanal live streaming Tokopedia PLAY, yang telah hadir sejak tahun 2018,” ujar Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Nirmala mengatakan, pemanfaatan Tokopedia PLAY juga turut berperan pada pertumbuhan bisnis pelaku usaha di Indonesia.

Selama semester I 2023, kenaikan rata-rata jumlah transaksi penjual setelah menggunakan Tokopedia PLAY secara keseluruhan naik lebih dari 7 kali lipat dibandingkan semester I 2022.

“Tokopedia PLAY memberikan nilai tambah bagi strategi pemasaran digital para penjual, mulai dari memberikan peluang promosi dan membangun awareness hingga meningkatkan engagement toko. Penjual juga dapat berkolaborasi dengan kreator konten untuk menarik lebih banyak calon pembeli” jelas Nirmala.

Kategori produk makanan dan minuman, fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, serta rumah tangga menjadi beberapa kategori produk terlaris di Tokopedia PLAY selama semester I 2023.

Data ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku usaha yang ingin berjualan online lewat live shopping di platform social commerce.

“Angka kenaikan jumlah transaksi ini merupakan rata-rata sepanjang semester I 2023, terlepas ada atau tidaknya high season. Artinya, jumlah transaksi penjual yang menggunakan Tokopedia PLAY memang konsisten naik sangat tinggi sepanjang periode,” tambah Nirmala.

Sejumlah penjual bahkan mengalami rata-rata kenaikan transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat selama semester I 2023 setelah memanfaatkan Tokopedia PLAY dibandingkan semester I 2022.

Tokopedia juga mencatat Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Sidoarjo menjadi beberapa daerah dengan jumlah tertinggi penonton Tokopedia PLAY selama semester I 2023.

“Dengan memanfaatkan kanal video streaming Tokopedia PLAY, kami berharap pelaku usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat di era social commerce,” tutup Nirmala.