Kreativitas Makin Perluas Peluang Berwirausaha

Dewi Fadhilah Soemanagara | 26 April 2019, 11:21 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Dunia kewirausahaan lekat dengan mental yang penuh semangat dan juga kreativitas. Adanya berbagai macam peluang baru di dunia usaha didukung oleh pelakunya yang selalu berpikir kreatif.

Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Mustopo menuturkan, bidang usaha menjadi tak terbatas karena kreativitas. Selain itu, bagi pelaku usaha, koperasi bisa menjadi medium yang tepat untuk memfasilitasi kewirausahaan.

“Koperasi bisa menjadi laboratorium berusaha. Koperasi juga bisa menjadi peningkatan nilai bisnis. Unsur-unsur penunjang kewirausahaan sudah ada, tinggal gimana kita mau atau tidak, berani atau tidak (untuk) berwirausaha,” ujar Budi dalam Diskusi Panel dan Pelatihan “Wirausaha Baru bagi Kalangan Media Massa” di Press Room Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Lebih lanjut Budi mengatakan, pemerintah menginginkan banyak bertumbuhnya wirausaha. Pasalnya, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi bumper terdepan dalam menghadapi krisis ekonomi.

Diskusi Panel dan Pelatihan “Wirausaha Baru bagi Kalangan Media Massa” di Press Room
Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Kamis (25/4/2019). Foto: MNEWS.

“Sektor UMKM bisa menyumbangkan PDB hampir 60 persen lebih. Ternyata sektor UMKM juga bisa menyerap pengangguran, luar biasa. Karena memang semangat kita juga, ketika kewirausahaan itu tumbuh, pasti akan membutuhkan tenaga kerja. Otomatis mengurangi angka kemiskinan,” tandasnya.

Budi berpesan kepada para awak media yang hadir untuk berani memulai usaha. Selama ini, wartawan dianggap memiliki kreativitas tinggi yang berperan penting menyampaikan informasi terkait kewirausahaan kepada masyarakat. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba berwirausaha dengan mengasah kreativitas yang ada. Terlebih di era digital ini, peluang usaha di berbagai bidang kian terbuka lebar, mulai dari e-commerce, startup hingga bisnis online lainnya.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar