Suasana workshop onboarding UMKM Riau Tahun 2020
Suasana workshop onboarding UMKM Riau Tahun 2020 "Memperluas Akses Pasar dengan Pemasaran Digital" bertempat di ruang public interest BI Riau, Rabu (26/2/20). (Foto: Riau Online)

Riau, MNEWS.co.id  Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau mengadakan workshop onboarding UMKM Riau Tahun 2020 dengan tema “Memperluas Akses Pasar dengan Pemasaran Digital” bertempat di ruang Public Interest BI Riau, Rabu (26/2/20).

Iskandar selaku Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kpw BI Provinsi Riau menjelaskan, target peserta dalam kegiatan ini adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Riau.

“Di sini mereka belajar mengenai cara mengambil gambar atau foto untuk produknya dengan metode yang sederhana namun tetap menarik dan berkualitas,” kata Iskandar.

Materi yang dihadirkan dalam workshop tersebut adalah mengenai teknik pengambilan gambar foto produk, serta stratgi membuat caption foto yang menarik. Kedua hal tersebut sangat bermanfaat untuk menarik menarik perhatian calon pembeli.

“Workshop ini juga mengajarkan bagaimana UMKM bisa memanfaatkan platform market place melalui sharing dengan startup ternama, selaku penyedia platform market place nasional,” ujarnya.

Tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan UMKM mengenai pemanfaatan sarana digital untuk memperluas akses pasar dan pembiayaan. Oleh sebab itu, pelaksanaan kegiatan onboarding ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah UMKM yang terhubung dengan e-commerce.

Kegiatan workshop onboarding ini diikuti sekutar 50 orang peserta dari UMKM binaan dan mitra BI Riau yang telah eksis pada bidang usahanya minimal dua tahun.

“Ini merupakan bagian dari komitmen Bank Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan strategi kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan digital,” kata Iskandar.

Adapun pelaku bidang usaha UMKM tersebut antara lain kerajinan tangan, kuliner, kopi liberica, fashion, tenun, produk olahan sagu, komoditas klaster pangan seperti sayuran dan cabai organik, dan lainnya.