Para peserta Training of Trainers (ToT) antusias menyelesaikan pelatihan mereka. (Foto: Dok Unilever)
Para peserta Training of Trainers (ToT) antusias menyelesaikan pelatihan mereka. (Foto: Dok Unilever)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sunlight, salah satu merek dari Unilever Indonesia, mengumumkan kerja samanya dengan Amartha untuk menjalankan program “Rahasia Usaha Lebih Cepat Untung”.

Program kegiatan kerja sama antara kedua belah pihak ini bertujuan untuk membantu para perempuan pelaku UMKM di wilayah pedesaan mendapatkan pendanaan sekaligus edukasi finansial yang memadai untuk memulai dan menjalankan usaha mereka.

Pada akhir 2020 nanti, program ini memiliki target untuk memberikan manfaat kepada 80.000 perempuan yang tersebar di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur.

“Melalui langkah-langkah kecil namun konsisten, kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan belajar dan mendorong potensi perempuan Indonesia di bidang wirausaha sehingga nantinya 5 juta perempuan Indonesia dapat menemukan dan mencapai impian mereka di tahun 2022,” kata Veronica Utami selaku Direktur Home Care Unilever Indonesia & Dirt is Good SEA-ANZ.

Kerja sama Sunlight dengan Amartha untuk memberikan materi edukasi “Rahasia Usaha Lebih Cepat Untung” pada setiap kegiatan rutin Amartha yang diadakan untuk para perempuan yang tergabung di dalam platform P2P lending-nya.

Program ini diharapkan dapat memberdayakan para UMKM perempuan yang belum memanfaatkan layanan perbankan atau lembaga keuangan lainnya, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang minim untuk memulai ataupun mengelola usaha.

Pertemuan rutin sangat dimanfaatkan Sunlight dan Amartha untuk memberikan berbagai materi edukasi dan konsultasi kewirausahaan sebagai nilai tambah bagi para peminjam dana. Amartha sangat mengapresiasi kolaborasi ini, dan berharap dapat menjadi bekal bagi para peminjam dana untuk menjalankan usaha dengan lebih berkelanjutan.

Untuk memulai program ini, sepanjang bulan November 2019 lalu Sunlight telah melakukan pilot project berupa Training of Trainers (ToT) kepada ratusan agen Amartha yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, bekerja sama dengan PERSADA.

ToT ini terdiri atas 4 (empat) modul pelatihan, yaitu pertama, inspirasi usaha berupa panduan bagi para perempuan untuk memilih dan memulai suatu bidang usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Kedua, keuangan berupa cara menghitung modal dan keuntungan secara efektif. Ketiga, jalur penjualan berupa berbagai tips untuk memperkuat jalur distribusi, serta keempat, kebersihan dan kerapihan berupa pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kerapihan diri, rumah dan tempat usaha untuk menjaring lebih banyak pelanggan.

Pengetahuan yang didapatkan oleh para agen ini mulai disebarluaskan kepada para peminjam dana sejak awal Desember lalu. Di setiap kuartal, Sunlight dan Amartha akan menjangkau 20.000 peminjam dana, hingga akhir 2020 nanti mencapai target 80.000 orang.

Melalui kegiatan ini, Sunlight ingin menginspirasi seluruh peserta agar mereka terdorong untuk belajar dan mengembangkan dirinya.