Ilustrasi Apotek Kimia Farma. (Foto: Istimewa/Republika)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kimia Farma mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Banyaknya gerai Kimia Farma yang tersebar di seluruh Indonesia, sangat memungkinkan bagi Kimia Farma untuk dapat merangkul UMKM dengan memanfaatkan area yang strategis dengan harga terjangkau. Sehingga memungkinkan pelaku usaha kecil dan menengah dapat beroperasi satu atap dengan Kimia Farma.

Melalui konsep ini, Kimia Farma berharap bisa mendorong aktivitas dan kelas UMKM. Dengan begitu, kebutuhan sewa properti akan lebih terjangkau, dan satu perusahaan akan mendapatkan traffic pengunjung dari satu area gedung.

Program ini rencana akan dimulai pada tahun 2021, dan untuk merealisasikan visi yang ingin dicapainya, Kimia Farma menggandeng Cicilsewa, sebuah perusahaan property management. “Kami sangat mendukung konsep yang ingin dibangun oleh Kimia Farma dalam memajukan UMKM Indonesia,” kata Hendry Oktavianus selaku CEO Cicilsewa.

UMKM memiliki kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia, bahkan dapat memengaruhi kebangkitan ekonomi pasca dihantam dampak pandemi Covid-19. Ditambah lagi, UMKM juga berkontribusi besar terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

Tak hanya di negara berkembang, di negara maju peran UMKM juga sangat diperhitungkan, hal ini dikarenakan UMKM merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja, sehingga dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan negara. Potensi dan peran UMKM di Indonesia inilah yang menjadi alasan mengapa Kimia Farma terdorong untuk mendukung perkembangan mereka.