Jakarta, MNEWS.co.id – Perusahaan rintisan, startup, bersinergi dalam mendukung produk-produk lokal agar mampu bersaing di pasaran. Serta memberikan penghasilan lebih baik bagi seluruh lapisan masyarakat melalui gerakan Maju Produk Indonesia yang didukung oleh Pemerintah.
Mapan, perusahaan teknologi berbasis jaringan kemitraan mempertegas komitmennya mendorong perkembangan ekosistem jual-beli produk lokal melalui maju produk Indonesia. Ini kampanye yang merupakan singkatan dari mapan karena jualan produk Indonesia dan ditujukan untuk para pelaku usaha jual-beli mulai dari mitra penjual, produsen, hingga konsumen.
“Seiring dengan ajakan pemerintah dalam Bangga Buatan Indonesia, kami merasa Mapan bisa turut andil dengan memperkuat ekosistem jual beli produk lokal dengan strategi bisnis berbasis kolektivisme. Tidak hanya mendukung agar mitra kami bisa berpenghasilan, namun juga perlu disiapkan ekosistem yang kuat mulai dari sisi konsumen, distribusi, dan produsen produk lokal mulai dari UMKM hingga pabrik,” jelas CEO Mapan Hendra Tjanaka, dikutip dari Berita Satu.
Dalam upaya memperkuat ekosistem ini, Mapan menggandeng Blibli dan Kaya.ID dengan didukung oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) Maritim dan Investasi.
Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Maritim dan Investasi, Odo RM Manuhutu mengatakan ekosistem digital berperan krusial dalam mengakomodir seluruh pelaku usaha jual-beli produk lokal mulai dari mitra penjual, konsumen hingga produsen produk lokal agar maju sehingga UMKM bisa setara dan mampu bersaing dengan produsen besar.
“Oleh karena itu, kami mendukung dan mengapresiasi gerakan kolektivisme tiga startup lokal yang digagas oleh Mapan, Blibli dan Kaya.ID. Ini juga merupakan bukti bahwa dengan melalui gotong royong, kita mampu memperluas jangkauan dan memberikan dampak lebih mendalam,” kata Odo.
Ketiga startup ini akan memiliki peran sesuai dengan industrinya masing-masing untuk mendukung ekosistem yang kuat, mulai dari Mapan dengan jaringan kemitraannya yang telah merangkul lebih dari 250.000 Mitra Usaha Mapan dipercaya bisa menjadi agen distribusi dan pemasaran.
Sementara Blibli sebagai platform e-commerce yang menawarkan sistem pengadaan dan supply chain yang transparan dan efisien bagi para produsen lokal. Serta Kaya.ID sebagai inkubator merek UMKM yang membantu menjamin kualitas produk dan mengembangkan brand UMKM dalam upaya mendukung produsen lokal, sehingga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan produk lokal berkualitas dan bangga menggunakan merek lokal.
CEO Kaya.ID Nita Kartikasari menambahkan, kerja sama ini sebagai inkubator bisnis untuk UMKM dan sesuai dengan komitmen Kaya.ID untuk mengembangkan branding dan kualitas produk UMKM.
Kampanye maju produk Indonesia ini terbuka bagi seluruh pelaku di ekosistem usaha jual-beli mulai dari kesempatan untuk mendaftar menjadi mitra penjual, produsen yang memiliki usaha produk lokal, hingga konsumen yang ingin turut mendukung mitra dan produsen agar tetap berpenghasilan. Periode kampanye ini akan berlangsung hingga 31 Desember 2021.