Ilustrasi Dessert Box. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sepanjang tahun 2020 ini, banyak tren makanan dan minuman baru yang bermunculan di Indonesia. Tren kuliner memang tak ada matinya, setiap waktu pasti akan muncul hal-hal baru, bahkan beberapa di antaranya ada yang sampai viral di media sosial.

Selain itu, di tahun 2020 ini hampir semua orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Semua itu karena adanya aturan pembatasan aktivitas sosial untuk menghindari penyebaran Covid-19. Kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dengan memasak di rumah dan turut memicu munculnya berbagai tren kuliner yang viral di tahun 2020.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tren kuliner yang populer sepanjang tahun 2020.

Es Krim Viennetta
Di tahun 2020, Wall’s seakan menjawab permintaan generasi 90-an soal kembalinya es krim legendaris Viennetta. Pada bulan April, Wall’s resmi mengembalikan es krim Viennetta ke pasaran dalam edisi khusus setelah menghilang bertahun-tahun lamanya.

Oleh karena itu, es krim tersebut banyak diperbincangkan dan menjadi viral di medsos. Ternyata sejarah es krim yang sempat viral di medsos tersebut jauh lebih panjang daripada itu.

Dalgona Coffee
Sekitar awal bulan Maret 2020, netizen dihebohkan dengan tren dalgona coffee. Banyak orang membagikan resep dan cara membuatnya lewat video-video yang diunggah di TikTok.

Dalgona Coffee adalah sejenis kopi kental yang dibuat dengan campuran kopi instan, gula, dan air panas.Karena kepopulerannya ini, banyak netizen yang mencoba membuat Dalgona Coffee di rumah dan dijadikan alternatif minuman saat physical distancing di tengah pandemi Covid-19.

Odading
Siapa yang tidak kenal dengan Odading Mang Oleh yang juga menjadi salah satu kuliner yang sempat viral di media sosial.

Odading Mang Oleh memang baru viral di medsos pada 2020. Namun, harus diketahui kalau Odading Mang Oleh ini sudah puluhan tahun ada di Bandung. Odading Mang Oleh menjadi viral setelah beredar video endorse atau review dari seseorang yang berjuluk Ade Londok, di media sosial.

Korean Garlic Bread
Garlic bread yang berasal dari Korea juga menjadi tren yang muncul bersamaan dengan drama Korea yang tayang di tengah pandemi. Roti ini dikenal sebagai jajanan kaki lima di Korea Selatan. Banyak netizen yang membagikan resep membuat garlic bread lewat media sosial.

Garlic bread merupakan hidangan berupa roti yang dipanggang dengan bawang putih. Selain itu, juga diberi tambahan berupa keju sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Tak hanya itu, karena menjadi tren, banyak toko-toko online yang bermunculan menawarkan roti ini.

Roti Kukus Srikaya
Selanjutnya ada satu jajanan yang viral yakni roti kukus srikaya pandan. Rotinya yang lembut dengan selai srikaya pandan yang manis nan legit, membuat siapapun terpincut dengan rasanya.

Harga yang ditawarkan pun tak mahal yaitu dibanderol seharga Rp30.000 – Rp50.000, kita biasanya sudah dapat 10 roti kukus srikaya pandan.

Dessert Box
Kehadiran dessert box yang sempat viral dan membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Sesuai dengan namanya, dessert box sendiri terdiri dari kreasi dessert dan kue yang dikemas dalam bentuk kotak bening. Dessert box ini juga selalu ditata cantik dan memiliki cita rasa manis yang menggugah selera. Tidak heran jika kudapan ini dengan cepat menjadi viral, terutama berkat adanya media sosial.

Frozen Food
Frozen food tak dipungkiri jadi favorit selama 2020, selain praktis, makanan kemasan beku ini bisa jadi alternatif jajanan atau bahkan lauk pendamping nasi selama masa PSBB, di mana pergerakan sangat terbatas. Orang-orang yang membatasi diri bepergian keluar sangat terbantu dengan adanya frozen food yang bisa disimpan lama di dalam kulkas.

Tahun 2020 memang bukan masa yang mudah, karena hadirnya pandemi COVID-19 dan berbagai dampaknya. Sepanjang tahun ini sejumlah menu kuliner menyita perhatian dan viral di kalangan pengguna media sosial. Beberapa tren kuliner tersebut juga bertautan dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat di tengah masa pandemi.