Salah satu produk makanan dari pelaku UMKM yang dijual melalui Rumah BUMN Rembang. (Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

MNEWS.co.id – Pertumbuhan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi sorotan utama dalam upaya penguatan perekonomian negara. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan bahwa UMKM yang bertumbuh, akan turut mendorong perekonomian Indonesia.

Staf ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, para pelaku UMKM pun harus meningkatkan kapasitasnya, antara lain dengan mengikuti pelatihan.

“Dalam pelatihan, diharapkan tiap peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, agar mandiri dan juga bisnis UMKM semakin maju. Karena jika UMKM tumbuh akan turut mendorong perekonomian Indonesia,” kata Loto.

Sementara itu, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL PT Peruri Ratih Sukma Pratiwi mengatakan pihaknya rutin menggelar pelatihan bagi UMKM yang diselenggarakan di Rumah BUMN Karawang yang merupakan tempat membangun Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM itu sendiri, di bawah naungan Peruri.

Ratih mengatakan pelatihan UMKM yang diselenggarakan Peruri, rutin dilakukan setiap bulan dengan diikuti oleh UMKM binaan mereka dan pelaku UMKM umum lainnya yang bertujuan untuk menggeliatkan perekonomian yang digerakkan UMKM.

“Kami paham bahwa jantung perekonomian Indonesia itu ada pada UMKM,” ujarnya.

Ratih menambahkan bahwa acara pelatihan ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 8, yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua.

“Kegiatan yang diselenggarakan di Rumah BUMN Karawang, sebagai bentuk komitmen mendorong UMKM agar terus maju berkembang hingga bisa go global. Ke depannya, kami akan terus menjalankan program pelatihan bagi UMKM secara rutin untuk mendorong peningkatan kapabilitasnya secara berkelanjutan,” ucap dia.