Generasi Milenial Harus Jadi Job Creator
Ilustrasi. (Foto: lav.io/Sam Levigne)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ada sekitar 2,9 juta penduduk usia kerja baru atau anak muda yang baru masuk ke dunia kerja setiap tahunnya. Karenanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya menciptakan lapangan pekerjaan baru setiap tahunnya, terutama bagi kaum milenial.

“Untuk itu kita butuh lebih banyak job creator para wirausaha muda yang menciptakan lapangan kerja baru. Saya bayangkan jika satu usaha milik kaum milenial memperkerjakan 5 orang saja, sudah ada berapa ribu orang yang bekerja, mendapatkan manfaat langsung dari transformasi usaha yang dilakukan anak-anak muda,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pembukaan kumparan Festival UMKM, Senin (26/10/2020).

Tingginya kesadaran kaum milenial terhadap pentingnya teknologi bagi dunia usaha, menurut Jokowi, juga berdampak pada pertumbuhan pasar digital dalam negeri. Hal itu terbukti dengan terus meningkatnya pasar internet di Indonesia tiap tahunnya.

“Saya yakin UMKM kita akan bisa cepat naik kelas dengan menjadikan UMKM milik kaum milenial sebagai motor penggerak yang muda punya kemampuan dan kelebihan karena bagian dari generasi digital native yang sudah sangat akrab melek teknologi, dengan demikian prosesnya pasti lebih mudah dan lebih cepat,” ucap Jokowi seperti yang dilansir dari kumparan.

Tak hanya meningkatkan jumlah pasar online, Jokowi juga mengingatkan akan pentingnya untuk tetap menjajakan produk-produk asli Indonesia. Sehingga pasar global tak hanya meningkatkan pemasukan bagi pengusaha, tetapi juga menjadi sarana pengenalan produk asli Indonesia.

“Saya ingatkan agar kemajuan ekonomi digital termasuk UMKM digital tidak boleh membuat kita hanya menjadi pasar dari produk-produk asing. Kita harus menjadi bagian penting untuk mengangkat produk-produk dalam negeri buatan Indonesia,” tutupnya.