Ilustrasi Pelaku Usaha Muda. (Foto: workmate)

MNEWS.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar pelatihan “Digital Youth Entrepreneurship” di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi digital anak muda NTB agar menjadi entrepreneur andal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap, kegiatan pelatihan ini dapat memaksimalkan potensi generasi muda NTB dalam menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja dengan menjadi entrepreneur khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk kalangan muda terutama di NTB, mereka harus bisa mengamplifikasi ini dengan menciptakan konten-kontem yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif sehingga bisa membantu mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah ini,” kata Sandiaga dilansir MNEWS.co.id dari siaran pers Kemenparekraf.

Sandiaga mengatakan, kekayaan sumber daya alam dan budaya di NTB menjadi potensi yang mestinya dapat digali dengan maksimal oleh wirausaha muda di NTB dengan menghadirkan karya inovatif di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia menilai hal tersebut telah dilakukan dengan cukup baik, terlihat dari produk-produk yang dibawa peserta dalam pelatihan.

Kemenparekraf pun senantiasa berkomitmen menghadirkan program-program dalam mendukung pengembangan wirausaha pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB. Di antaranya dengan memastikan ekosistem digital di NTB agar selalu terbangun dengan baik.

“SDM harus kita tingkatkan. Oeh karena itu Kemenparekraf bekerja sama dengan komunitas seperti Sandination ini akan menciptakan lebih banyak pelatihan-pelatihan, pendampingan sehingga lebih banyak yang onboarding ke ekosistem ekonomi digital,” kata Sandiaga.