Festival Kreatif Lokal Diharapkan Dorong Kebangkitan UMKM Ekonomi Kreatif. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam rangka membangkitkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  mendukung penyelenggaraan kegiatan “Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020”. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing usaha kecil dan menengah (UKM) kreatif dan wirausaha muda di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara Kemenparekraf dengan pihak swasta dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif.

“Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekonomi kreatif sesuai sumber daya khas di masing-masing daerah sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri,” kata Wishnutama.

Pemerintah sendiri bersama dengan banyak kementerian/lembaga telah menginisiasi gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”.  Kemenparekraf menjadi yang pertama memulai kampanye itu dengan menggulirkan gerakan #BeliKreatifLokal.

Dalam program tersebut, Kemenparekraf memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM ekraf yang diantaranya untuk masuk ke platform digital.

Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance mengatakan, situasi ini mendorong pihaknya untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi dengan menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Program ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Bapak Presiden,” kata Hafid.

Festival Kreatif Lokal 2020 sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke-30 yang meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal.

Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi pelaku usaha yang telah memberikan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat, sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Selain itu juga ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum.

Ajang ini mencari 18 brand pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu kuliner, fashion, kriya, fotografi, video, dan pertunjukan. 

Nantinya, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta paparan di media mengenai produk dan usaha mereka.

Donni Gandamana, Direktur Adira Insurance menambahkan, pihkanya sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal, yang bertujuan untuk membuka peluang baru bagi para UKM serta memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan atas aset usaha melalui produk asuransi.

“Program ini sejalan dengan komitmen Adira Insurance untuk mendukung perkembangan perekonomian Indonesia dan industri asuransi pada khususnya,” katanya.

Sebagai pendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat yang bertujuan untuk menjaga eksistensi pasar rakyat dengan cara melakukan pengembangan UKM yang ada di dalam pasar melalui digitalisasi, dengan bentuk kegiatan pelatihan virtual dengan topik-topik seperti literasi keuangan, pemasaran dan usaha online.