Ilustrasi Produk UMKM. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – Selama masa pandemi Covid-19, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya bagi mereka yang terdampak akibat Covid-19, dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk secara online melalui platform e-commerce.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, digitalisasi UMKM ini dilakukan melalui program #BeliKreatifLokal yang telah diluncurkan sejak Juni 2020.

“Telah terkurasi 500 pelaku ekonomi kreatif untuk kami fasilitasi (pendaftaran) HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), kami fasilitasi untuk masuk ke online, dan kami juga memberikan pendampingan-pendampingan promosi,” katanya.

Angela menjelaskan, program ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 untuk memasarkan produknya di platform digital, mengingat terbatasnya interaksi jual beli secara fisik di tengah pandemi.

“Dengan terjadinya pandemi ini, para pengusaha UMKM tidak bisa beraktivitas dan dalam hal ini mereka harus beradaptasi dengan teknologi agar bisa terus beraktivitas. UMKM Indonesia harus bisa berinovasi dan kita bangga terhadap produk lokal dan saya yakin produk lokal bisa merajai pasar,” tambah Angela.

Angela menuturkan, program ini menyasar tiga subsektor UMKM, yaitu kriya, fashion, dan kuliner, terutama yang berada di Jabodetabek.

“Kami memilih di zona merah khususnya Jabodetabek. Karena kami melihat itu sangat terhambat produktivitas secara fisik jadi itu yang kami fasilitasi terlebih dahulu,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dedy Permadi, Staf Khusus Bidang Kebijakan Digital dan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, menjelaskan bahwa pemasaran produk UMKM lewat platform digital memungkinkan pengusaha dapat memperluas distribusi produknya tanpa harus melakukan kontak fisik.

“Di masa pandemi Covid-19 ini sebenarnya bisa menghadirkan peluang distribusi baru bagi para pengusaha UMKM. Yaitu melalui metode distribusi produk secara digital,” kata Dedy.

Sementara itu, Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com menyatakan komitmennya untuk membantu memasarkan dan mempromosikan produk UMKM melalui beberapa hal.

“Kami di Blibli mempermudah pendaftaran di platform kami. Selain itu kami juga membantu digital marketing dan pengiriman produk UMKM,” kata Kusumo.