
Jakarta, MNEWS.co.id – Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, membuat sejumlah sektor terus berinovasi untuk tetap produktif. Oleh karena itu, Forward Event menggelar sebuah acara olahraga online yang bertajuk Shopee Fittual Fest.
Shopee Fittual Fest adalah acara festival olahraga, kebugaran dan gaya hidup pertama di dunia yang diselenggarakan secara paralel, simultan dan terintegrasi. Acara ini menggunakan beberapa platform virtual yaitu melalui sosial media, website, dan live streaming.
Acara ini dilaksanakan sejak 10 Mei 2020 secara daring. Puncak acara sendiri berlangsung pada 20 hingga 23 Agustus di FX Sudirman dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain itu kelas olahraga yang dihadirkan mulai dari kelas Zumba, Pound, Aerobik, Salsation, Yoga, Angkat Beban, Rehabilitasi, Martial Arts dan lain lain. Ada juga kegiatan mengenai memasak, pengetahuan nutrisi dan tata cara make up sehari-hari.
Khusus untuk pecinta olahraga lari, Shopee Fittual Fest juga menyelenggarakan Virtual Run, lomba lari yang dilakukan secara virtual yang di sponsori oleh perusahaan farmasi nasional, Combiphar.
Kegiatan ini mendapatkan apresiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai sarana pemasaran dan penjualan produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pakaian olahraga.
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf,Rizki Handayani, acara yang dilaksanakan bersama salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia yakni Shopee.
Ia mengatakan, kegiatan tersebut menjadi ajang promosi berbagai merk pelaku UMKM pakaian olahraga lokal untuk membuktikan eksistensinya serta bersaing dengan produk pakaian olahraga buatan luar negeri.
“Saya mengapresiasi pelaksanaan Fittual Fest. Acara ini diharapkan dapat membantu menggerakan roda perekonomian bagi pelaku UMKM dengan cara memfasilitasi promosi barang buatan Indonesia melalui Shopee Fittual Fest Shopping Festival,” kata Rizki.
Selain dipasarkan secara daring, para pelaku UMKM lokal tersebut juga memasarkan produknya secara luring dalam puncak acara Fittual Fest di FX Sudirman.
Beberapa produk-produk pelaku UMKM lokal tersebut diperkenalkan dan dipasarkan melalui program Product Review yang disiarkan secara daring. Selain itu, Shopee juga memberikan voucher belanja sebesar Rp 1 juta bagi setiap pelaku UMKM yang ikut serta dalam acara ini.
Rizki berharap kegiatan ini dapat membentuk ekosistem pasar digital bagi produk-produk karya pelaku UMKM di Indonesia. Terutama di sektor gaya hidup, kesehatan, dan olahraga.