Jakarta, MNEWS.co.id – Sektor ekonomi digital dinilai mampu menjadi solusi bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bertahan di masa pandemi. Terbukti ekonomi digital justru tumbuh signifikan, ditandai dengan banyaknya pelaku usaha yang masuk ke ekosistem digital.
Para pelaku usaha pun semakin menyadari manfaat digitalisasi dalam berbisnis, terlebih di masa yang mengharuskan kita mengurangi mobilitas, tatap muka dan bersentuhan.
Menyadari hal ini, sejak tahun lalu Kemenkop UKM berkolaborasi bersama marketplace Shopee dalam menggelar sebuah program inisiasi menarik yang diberi nama Live Shopping Produk UKM.
Mereka menggelar program belanja online yang ditekankan pada subsektor kuliner, fesyen dan kriya, serta kesehatan dan Kecantikan. Tak hanya sebagai wadah promosi, program ini juga memberikan perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya.
“Mendorong digitalisasi adalah salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional. Selama pandemi, ekonomi digital tumbuh positif 38 persen dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital,” kata Menkop UKM Teten Masduki.
Upaya tersebut juga untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis dan pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace, dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM.
Tiga sektor menjadi penekanan program ini dan mempunyai nama masing-masing. Seperti Festival Adiwarna (fesyen), Kolaborasa (kuliner), Kirana (kesehatan dan kecantikan). Program Live Shopping Produk UKM yang akan berlangsung Rabu, 21 Juli 2021 merupakan live virtual event yang dapat disaksikan di YouTube Kemenkop dan Shopee Live.
Namun sebelumnya, ada tahapan yang perlu diikuti pelaku UKM yang ingin berpartisipasi dalam program ini. Mulai tahap kurasi, bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal yang rangkaiannya digelar 5-21 Juli 2021.
Sejumlah aktivitas pun sudah dirancang di program tersebut. Seperti acara talkshow bersama Kemenkop UKM, hingga program review dan jualan produk UMKM yang diarahkan langsung menuju landing page marketplace bersama influencer.
“Shopee terus berkomitmen menyelenggarakan program ini bersama Kemenkop UKM, saat ini sudah memasuki tahun kedua. Tentunya dengan harapan digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM. Ekosistem dan SDM digital di dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program seperti ini,” ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.