
Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan Program aktivasi kampanye #PernakPernikUnik Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang bertujuan untuk mendorong masyarakat mencintai dan menggunakan produk Indonesia di masa pandemi.
“Di tengah situasi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa yang mampu menggerakkan ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat,” kata Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto dalam peluncuran Bangga Buatan Indonesia #Pernakpernikunik secara virtual, Rabu (16/9/20).
Agus berharap, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat memegang peranan penting di tengah pandemi Covid-19. UMKM mampu menjaga kontribusi 60 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) menyerap 96 persen tenaga kerja dari total 133 juta angkatan kerja serta memberikan sumbangsih sebesar 14 persen dari total ekspor.
Namun, dengan adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah mengubah pola konsumsi masyarakat, di mana penjualan secara online bisa menjadi solusi karena mampu bertahan di tengah situasi pandemi.
Ia mengatakan bahwa Indonesia dianugerahi kekayaan budaya yang melimpah yang didalamnya terdapat seni dan kerajinan yang harus dikembangkan dan dilestarikan. Misalnya, hasil-hasil kerajinan pernak-pernik Indonesia, mempunyai ciri khas yang unik di masing-masing daerah seperti pernak-pernik mutiara di NTB, pernak-pernik perak di Bali dan sebagainya.
“Potensi bangsa Indonesia terutama tingkat konsumsi dalam negeri yang sangat besar tampaknya juga menjadi menjadi daya tarik bagi pelaku pelaku usaha dari negara lain. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana mereka berlomba-lomba untuk merebut pasar Indonesia dengan produk-produk impor mereka,” ujar Agus.
Oleh karena itu, untuk menjaga pasar dan daya saing produk yang dihasilkan UMKM, Kementerian Perdagangan telah melaksanakan berbagai rangkaian Kegiatan yang bertujuan meningkatkan daya saing dan meningkatkan akses pemasaran produk UMKM, melalui pelatihan dan kemampuan manajemen selaku pelaku usaha.
Selain meluncurkan kampanye #PernakPernikUnik, Kementerian Perdagangan juga meluncurkan beberapa kegiatan dalam rangka mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan tersebut antara lain peluncuran virtual expo, website Bangga Buatan Indonesia Kemendag, lomba video pernak pernik unik, gerobak dagang digital dan video pemasaran online.
Agus berharap, program-program tersebut dapat meningkatkan daya saing produk dan mentransformasi UMKM dalam memasarkan produknya secara digital, serta menggugah seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih bangga pada buatan Indonesia, dan juga peduli mencintai dan membeli produk Indonesia.