Ilustrasi toko Uniqlo. (Foto: Uniqlo)

MNEWS.co.id – 18 UMKM di Kota Tangerang mengikuti proses kurasi yang diadakan oleh perusahaan ritel global asal Jepang, Uniqlo, agar produk mereka bisa dipromosikan di toko tersebut dalam program Neighborhood Collaboration.

Legal/Government Relations Officer Uniqlo Indonesia, Christoper Mogot mengatakan, dari 18 UMKM yang telah mendaftar melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Tangerang, nantinya akan diseleksi dan dipilih enam UMKM untuk dipromosikan.

Produk dari keenam UMKM yang terpilih, lanjutnya, akan hadir di gerai Uniqlo One District at Puri, Kecamatan Karang Tengah, selama satu tahun.

“Pelaku UMKM dapat mengganti produknya per enam bulan. Tetapi tetap dari pelaku UMKM yang sama,” jelasnya dikutip MNEWS.co.id dari Antara dalam proses kurasi di Gedung Cisadana beberapa waktu yang lalu.

Christoper menjelaskan, program Neighborhood Collaboration sudah berjalan di 41 toko dari 64 outlet Uniqlo yang ada di Indonesia. 

Di setiap toko Neighborhood Collaboration, Uniqlo turut mempromosikan produk UMKM dari lokasi kota toko berada yang telah lolos kurasi dan memenuhi standar.

Kota Tangerang sendiri cukup spesial, karena Uniqlo akan hadir di One District at Puri dan tidak menyatu dengan mal. 

Sebanyak enam UMKM yang lolos kurasi akan ditampilkan oleh di gerai Uniqlo sebagai bagian dari Neighborhood Collaboration.

“Rencananya, store akan dibuka akhir Mei ini,” ujarnya.

Christoper menambahkan, nantinya produk yang terpilih akan diberikan scan barcode ke Instagram. Tujuannya adalah agar pelanggan Uniqlo Indonesia juga bisa menjadi konsumen dari UMKM yang telah lolos kurasi.

“Jadi ketika mereka berbelanja di Uniqlo dan melihat Neighborhood Collaboration, tertarik dengan produknya, di-scan barcode yang ada, terhubung dengan penjual dan melakukan transaksi,” lanjutnya.

Sub-Koordinator Data dan Peningkatan Kualitas SDM Usaha Mikro, Disperindagkop UKM Tangerang, Musokib berharap, UMKM yang ada di Kota Tangerang dapat terbuka aksesnya ke pasar internasional.

“Ini adalah salah satu program dan sarana membantu mempromosikan UMKM yang ada di Kota Tangerang. Uniqlo ini jaringan toko yang luar biasa, dengan sentralnya ada di Jepang. Dengan kolaborasi ini, UMKM yang nanti terpilih dapat dikenal secara domestik, bahkan sampai ke internasional,” harapnya.