Ilustrasi WhatsApp Bisnis. (Foto: Pixabay)

MNEWS.co.id – Aplikasi media sosial WhatsApp Business bisa menjadi salah satu alternatif strategi pemasaran yang menguntungkan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki sejumlah fitur yang memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. 

Dosen Universitas Bina Nusantara, Tara Farina Srihadi menjelaskan, pelaku UMKM dapat memanfaatkan WhatsApp Business untuk mendongkrak penjualan. Terlebih, menurut laporan We Are Social, persentase pengguna aplikasi WhatsApp di Indonesia mencapai 92,1% dari jumlah populasi per Januari 2023. 

“WhatsApp Business menyediakan platform bagi bisnis untuk berinteraksi lebih baik dengan pelanggan, memiliki berbagai fitur untuk mendukung berbagai aktivitas bisnis seperti membalas pesan otomatis, menampilkan profil bisnis secara lengkap, dan foto produk,” papar Tara dalam acara Kelas Komunitas Sahabat UMKM Temu #9 bertajuk “Optimalisasi WhatsApp Bisnis Biar Penjualan Makin Laris” yang dilaksanakan secara daring pada Selasa, (20/6/2023). 

Penggunaan WhatsApp Business pun cukup mudah, pelaku UMKM tinggal mengunduh aplikasi dan langsung bisa melakukan instalasi dengan menggunakan nomor pribadi seperti yang digunakan pada WhatsApp biasa, atau nomor baru khusus untuk akun bisnis. 

WhatsApp Business dapat membantu pelaku UMKM lebih dekat dengan pelanggan melalui fitur tampilan detil produk dalam bentuk katalog, personalisasi chat otomatis, tampilan profil bisnis yang lengkap, penggunaan label, dan fitur iklan yang terhubung dengan Facebook dan Instagram. 

Dengan menggunakan WhatsApp Business, pelaku UMKM dapat mengoptimalkan penjualan dan meningkatkan usaha, antaralain dengan melakukan broadcast secara berkala.

Broadcast WhatsApp Business dapat meningkatkan engagement dan mengonversi calon pembeli melalui strategi marketing seperti copywriting yang menawarkan promo dan diskon, keuntungan menjadi reseller, dan lainnya. 

Selain itu, lanjut Tara, menggunakan WhatsApp Business dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. Pelaku UMKM dapat menampilkan produk dan jasa yang ditawarkan dengan tampilan yang lebih lengkap dan profesional. 

Sebagai informasi, berdasarkan data Global Web Index (GWI) per Februari 2022, WhatsApp menempati posisi pertama aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, mencapai 88%, disusul Instagram 84,8%, Facebook 81,3% dan TikTok 63,1%. 

Apabila dikelola dan dioptimalisasi dengan baik, WhatsApp Business dapat menjadi salah satu sales funnel yang potensial meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM Indonesia.