Ilustrasi fesyen lokal. (Foto: Felix Jody Kinarwan)

Jakarta, MNEWS.co.id – InaFashion Smesco Online Expo 2021 akan resmi digelar 21-31 April 2021. InaFashion Smesco Online Expo 2021 adalah pameran dagang online yang ditujukan bagi pengusaha di industri tekstil, produk tekstil, dan alas kaki. Penyelenggaraannya merupakan hasil kolaborasi inaFashion X Smesco Indonesia.

Pameran ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan dan kontribusi dalam menghidupkan perekonomian dengan mempertemukan berbagai pelaku usaha dan pemangku kepentingan terkait di sektor industri tekstil dan pakaian jadi.

Event Director inaFashion Smesco Online Expo 2021, Herlina Dole, menjelaskan bahwa peserta pameran virtual ini terdiri dari anggota asosiasi, manufacturer, pemilik bisnis, supplier, retailer, eksportir, bahkan UMKM.

“Kami masih menyediakan slot untuk UMKM. Jadi, silakan daftar dengan cara mengakses laman resmi kami,” kata Herlina.

Produk pamerannya terbagi jadi empat kategori besar. Pertama, material mentah yang terdiri dari tekstil, tali maupun benang, kancing, kulit, dan ritsleting. “Material impor sekarang lagi sangat sulit, produsen dalam negeri, termasuk UMKM, harus memanfaatkan keadaan ini untuk menggunakan bahan-bahan lokal,” tambahnya.

Kemudian ada juga pendukung mulai dari sekolah desain, mesin-mesin, sekolah kecantikan, garmen, dan logistik. Ketiga, produk ready to wear berupa pakaian wanita, pria, anak-anak, fesyen Muslim, dan busana olahraga. Terakhir adalah produk alas kaki.

Selain pengalaman belanja online, di mana juga terdapat discount hall, tempat pelanggan bisa berburu ragam penawaran menarik, acara virtual ini juga terdiri dari beberapa seksi lain. Termasuk di antaranya, yakni B2B matching, talkshow, workshop, dan fashion show.

Herlina menambahkan bahwa keseluruhan rangkaian acara ini merupakan upaya menggiatkan kembali sektor fesyen lokal yang terdampak krisis kesehatan global. Maka itu, rangkaian programnya akan terhubung dengan semangat tersebut, baik dalam tema workshop maupun talkshow yang akan digelar.

Di samping, pihaknya juga menyelenggarakan beberapa tantangan media sosial, seperti OOTD Competition yang bekerja sama dengan Inter National Institute of Fashion Design (INIFD) Indonesia. Selain dari laman tradefair.inaproduct.com, pihaknya juga bekerja sama dengan Tokopedia selama penyelenggaraan.

“Kami akan menyediakan laman khusus (inaFashion Smesco Online Expo 2021) di Tokopedia dengan berbagai penawaran menarik, seperti cashback,” ucap Hilmi Adiranto, Public Policy and Government Relations Senior Lead Tokopedia.