Inabuyer Expo 2023. (Foto: Dok/Kemenkop UKM)

MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bersiap menggebrak pasar domestik dengan gelaran Inabuyer Expo 2024. Pameran berskala nasional ini bertujuan untuk mendorong geliat ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing produk UMKM di tanah air.

Bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Kemenkop UKM akan kembali menggelar pameran Inabuyer Expo 2024 di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta pada 15–17 Mei 2024.

Dalam sosialisasi Inabuyer Expo 2024 di Jakarta, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menargetkan pameran edisi kedua ini dapat membukukan transaksi Rp2 triliun.

Inabuyer Expo 2024 juga diharapkan mampu mendorong kemitraan strategis serta mewujudkan rantai pasok yang kuat untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri.

“Kegiatan ini merupakan yang kedua sejak 2023 dengan potensi kerja sama kontraknya tahun lalu lebih dari Rp1 triliun. Tahun ini ditargetkan transaksinya bisa menembus Rp2 triliun,” kata Hanung.

Inabuyer Expo diselenggarakan untuk memperluas akses pasar UKM agar terhubung ke dalam rantai pasok industri BUMN, usaha besar, belanja barang dan jasa pemerintah, serta potensial buyer dari dalam dan luar negeri.

Pameran yang bakal diikuti sekitar 200 UMKM ini ditargetkan dihadiri 10 ribu pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraan.

Selain menghadirkan para buyer dari sektor swasta BUMN dan pemerintah, akan ada juga buyer potensial dari luar negeri.

Hanung berharap, UMKM dan ekshibitor dapat memanfaatkan momentum ini memperluas pangsa pasarnya. Untuk mendukung itu, nantinya akan digelar business matching antara buyer potensial dan para pelaku UMKM atau ekshibitor yang berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan pameran Inabuyer 2024 ini merupakan lanjutan dari gelaran tahun lalu yang sukses membukukan transaksi hingga Rp1 triliun, dan diharapkan kesuksesan tahun lalu dapat diulang dalam pameran tahun ini.

“Jadi banyak sekali manfaat yang didapat di Inabuyer di mana para buyer memberikan order termasuk oleh kementerian/lembaga dan BUMN,” kata Budihardjo.