Pendiri sekaligus CEO Eat Just, start-up pangan asal California, Josh Tetrick. (Foto: Josh Edelson)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pendiri startup Eat Just, Josh Tetrick tengah menjadi sorotan karena berhasil membuat daging ayam hasil rekayasa laboratorium pertama di dunia. Inovasi tersebut pun dilirik banyak investor hingga Ia menjadi sukses.

Bertahun-tahun berkubang pada bisnis yang masih banyak dianggap tidak masuk akal oleh banyak orang bukan hal mudah. Meski begitu, Tetrick berhasil membuktikan kemampuan bertahan dengan apa yang diimpikannya sejak lama itu.

Dikutip dari CNBC, Tetrick membagikan empat saran bagi para enterpreneur dan pebisnis pemula, bagaimana bisa bertahan dan membangun kerangka bisnis yang solid seperti yang sudah dilakukannya yaitu;

1. Jujur dengan diri sendiri

Paling penting ialah jujur kepada diri sendiri apakah mampu berkomitmen menjalani kehidupan sebagai pengusaha atau tidak. Jujurlah apakah Anda benar-benar menginginkannya dan bersedia menerima konsekuensi jika ternyata keputusan tersebut bukan bidang yang cocok. Menurutnya, menjalankan bisnis akan menyita banyak waktu.

2. Bangun kekuatan

Selanjutnya, penting untuk memukan teknik untuk membangun ketahanan agar tidak berhenti di tengah jalan ketika dihadapkan pada tantangan selama proses merintis bisnis. Saat memulai bisnis, hal-hal buruk sangat mungkin terjadi. Masalah dengan karyawan yang tidak loyal dengan perusahaan, investor yang tidak mendukung atau bahkan produk yang diluncurkan ternyata bermasalah.

Karena itu, menurutnya penting untuk membangun ketahanan agar tidak begitu terpengaruh saat bisnis dihadapkan pada permasalahan. “Cara menghadapinya bukan dengan berkubang dalam kesedihan, tetapi menghadapinya secara langsung,” kata Tetrick.

3. Bangun koordinasi kerja yang jelas

Membangun bisnis sangat mengandalkan kerja tim, karena itu hal yang juga penting diperhatikan untuk menentukan dengan jelas tata kelola perusahaan. Terutama menentukan siapa yang berhak mengambil keputusan, serta kapan keputusan harus dilakukan.

Tetrick menambahkan bahwa Ia ingin membangu perusahaan besar, namun tidak dengan cara menjualnya atau merger dengan perusahaan yang sudah ada. Ia ingin membawa Eat Just menjadi perusahaan publik agar Ia masih memiliki otoritas atas keputuaan bisnis perusahaan di kemudian hari.

4. Atasi masalah yang sebenarnya

Saran terakhir yang menurut Tetrick tidak kalah penting ialah kemampuan untuk memahami dan menyelesaikan masalah yang sebenarnya. Akan ada banyak masalah yang dihadapi saat membangun bisnis, namun tidak semuanya benar-benar perlu diatasi. Mungkin satu masalah merupakan sumber atas berbagai masalah yang lain, sehingga dengan menyelesaikan masalah itu saja sudah bisa mengatasi masalah lainnya.

“Fokuskan energi Anda untuk memecahkan masalah nyata dan itu akan membuat rasa sakit yang harus Anda tangani sedikit lebih mudah untuk ditanggung,” pungkasnya.