Jakarta, MNEWS.co.id – Brand fesyen lokal Erigo tidak hanya dikenal di dalam negeri, tapi juga mengharumkan Indonesia dengan keberhasilannya muncul di tengah hiruk pikuk Times Square New York, Amerika Serikat.
Hadirnya Iklan Erigo di tengah Times Square, New York juga menjadi awal dan penanda bahwa Erigo, fesyen brand lokal Indonesia akan hadir dan memperluas pasar di Amerika Serikat.
“Ini bukan pencapaian akhir, melainkan titik awal perjalanan kami untuk terus berkembang dan memperluas bisnis Erigo. Bagi kami, sebuah kebanggaan dapat menampilkan brand Indonesia tetapi masih banyak mimpi-mimpi yang ingin kami capai untuk membawa Erigo agar dikenal hingga negara-negara lain dan menunjukkan bahwa produk lokal Indonesia memiliki potensi besar,” kata Chief Executive Officer (CEO), Erigo Muhammad Sadad.
Sadad mengatakan label fesyen ini dimulai dari sebuah kamar tipe studio di salah satu apartemen di Depok pada 2011. Saat itu belum ada karyawan tetap ataupun sebuah tim. Awal mulanya label ini mengusung konsep batik untuk semua produknya. Namun Ia menyadari tren fesyen bergerak secara dinamis, sehingga baju batik hanya berhasil populer selama satu tahun.
Berbagai upaya Erigo lakukan untuk terus memperluas jangkauan pasar, mulai dari meluncurkan online webstore bersamaan dengan peluncuran Erigo di tahun 2013. Namun pada saat itu, penjualan offline memang masih lebih besar dibandingkan penjualan online.
Sadad selalu ikut andil dan turun langsung dalam mengembangkan Erigo. Ia rela tidur di mushola mal sampai mandi di pom bensin depan mal selama mengikuti acara JakCloth demi menekan pengeluaran. Ia juga terus berpromosi di acara-acara luring, dan akhirnya melebarkan sayap ke pemasaran daring dengan bergabung ke dalam platform e-commerce Shopee pada 2017.
“Sebuah perjalanan panjang hingga kami bisa sampai di titik ini. Mulai Erigo lahir, hanya memiliki tenaga 11 orang dengan kawasan di Parung, bergabung dengan Shopee dan hingga saat ini kami bisa meraih salah satu pencapaian luar biasa. Terima kasih atas dukungan dari orang tua, tim Erigo yang tidak berhenti berusaha, tim Shopee yang terus memberi arahan dan bimbingan terhadap team e-commerce Erigo dan teman-teman yang terus mendukung produk-produk Erigo,” ungkap Sadad.
Dengan munculnya Erigo di New York, Sadad menyebut pihaknya juga berharap dapat membuka peluang bagi brand lokal dan UMKM Indonesia untuk lebih mengeksplorasi kesempatan ke luar negeri. Sekaligus ingin membuktikan bahwa produk Indonesia berkualitas dan enggak kalah dari merek luar negeri.
“Jadi ini mungkin salah satu cara buat membukanya. Tujuan utama enggak cuma Erigo, kami pengin Indonesia yang maju,” tambahnya.
Iklan yang sudah terpampang di area Times Square itu juga menjadi bagian dari koleksi terbaru Erigo, yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat. “Kebetulan temanya sport Amerika gitu. Jadi bakal ada beberapa desain (yang menampilkan) Mike Tyson, Muhammad Ali, sampai Michael Jordan,” ujar Sadad.