Ilustrasi reseller. (Foto: Freepik/pressfoto)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tengah dilaksanakan beberapa daerah untuk menekan laju penyebaran Covid 19. Hal ini tentu memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat.

Bisnis yang sebagian besar dilakukan secara online ini bisa menambah penghasilan tambahan, terutama bagi mereka yang kehilangan pekerjaan akibat PPKM darurat. Ada banyak peluang produk atau layanan yang dapat diubah menjadi usaha untuk menambahkan penghasilan.

Dilansir Kompas.com dari hasil survei dan laman informasi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk, ada beberapa bisnis online yang menjadi primadona di 2021 dan bisa dijalankan dari rumah selama PPKM darurat.

1. Penjualan produk kesehatan pribadi
Masa pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kesehatan pribadi. Saat ini, barang-barang yang wajib dibawa masyarakat saat beraktivitas adalah masker, hand sanitizer, dan semprotan disinfektan.

Membawa tiga benda ini untuk melindungi diri dari virus corona. Vitamin juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang sehat, baik dalam bentuk obat-obatan maupun dalam bentuk alami seperti madu.

Nah, produk pencegah virus Covid-19 ini bisa dijual secara online. Tentu saja, harganya masuk akal, tetapi masih bisa menguntungkan.

2. Reseller dan dropshipper
Reseller dan dropshipper adalah model bisnis online, mereka menjual produk orang lain dalam bentuk keuntungan. Meski tanpa modal, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Reseller dan dropshipper pada dasarnya sama, yaitu menjual produk orang lain. Perbedaannya terletak pada sistem stok.

Reseller harus mengeluarkan dana sendiri untuk membeli produk dan kemudian menjualnya kembali. Artinya siapapun yang ingin menjadi distributor harus melakukan stok terlebih dahulu.

Dan dropshipper tidak perlu menyimpan persediaan terlebih dahulu. Ini hanya menyediakan produk dengan menunjukkan gambar. Pada saat yang sama, transaksi dan pengiriman ditangani oleh pengirim.

3. Layanan Pembuatan Konten
Jasa pembuatan konten saat ini menjadi bisnis yang sedang booming. Jika Anda menggunakan kata kunci “layanan konten” untuk mencari di Google, ada banyak penyedia layanan konten yang dapat memenuhi kebutuhan konten kreatif, terutama untuk usaha kecil, menengah dan mikro.

Layanan ini dapat membantu pemilik bisnis membuat konten kreatif untuk aktif mempromosikan produknya di media sosial. Mereka yang membuat website komersial untuk optimasi konten juga membutuhkan layanan konten agar berayun di posisi teratas dalam pencarian Google.

4. Jasa titip barang online
Jasa Titip (jastip) dapat digunakan untuk bisnis online. Ini adalah model bisnis yang memberikan peluang bagi masyarakat yang tidak dapat membeli produk langsung dari dalam dan luar negeri. Layanan titipan ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berbelanja namun tidak ingin bertemu secara langsung untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.