Jakarta, MNEWS.co.id – Masa pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah harus lebih memutar otak dalam berinovasi. Tujuannya supaya produk yang dibuat tetap diterima oleh pasar.
Seperti yang dilakukan oleh Sarif Hidayat, pelaku UMKM asal Sleman, Yogyakarta pemilik bisnis Takoyaki Disini yang membuat menu Takoyaki Seafood Mozarella. Dengan berinovasi, melalui menu tersebut Sarif mampu membuat usahanya viral melalui media sosial pada tahun lalu.
Banyak inovasi yang dilakukan Sarif terutama terkait isian takoyaki agar makin akrab di lidah para konsumennya. Selain berisi gurita, Ia juga berkreasi dengan menambahkan menu aneka seafood, sosis, keju, udang, mozzarella cheese, cumi, hingga kerang yang menjadi favorit para pelanggannya.
Usaha ini didirikan oleh Sarif pada tahun 2019 di Sleman, Yogyakarta, berbekal keinginannya membangun usaha dengan modal uang hasil menang lomba menulis Asian Games 2018. Kini, Takoyaki Disini sudah memiliki 3 gerai yang berlokasi di Jakal KM13 Kaliurang, Pandega Marta, dan Jl. Nusa Indah, Yogyakarta.

Produk Takoyaki Disini memiliki kisaran harga mulai dari Rp17.000,- hingga Rp27.000,- untuk varian isi 5 hingga 8. Sementara untuk menu paket extra dibanderol dengan harga Rp39.000,-. Sarif menambahkan kelebihan Takoyaki miliknya adalah bentuknya yang tahan lama meski sudah dingin serta tekstur yang lebih empuk.
Sementara untuk bahan baku, Ia sangat menjaga kualitas produknya dengan mengambil langsung dari distributor yang sudah memiliki sertifikasi keamanan yang terjamin. Mulai dari bahan baku takoyaki hingga seafood selalu dalam keadaan fresh.
Saat ini meski pandemi masih berlangsung, roda usaha Takoyaki Disini tetap berjalan. Sarif mengatakan usahanya tersebut malah semakin booming, terbukti dalam waktu sebulan Ia bisa memproduksi 2.000 box baik secara offline ataupun online.
Ia mengakui semenjak usahanya viral di media sosial, banyak konsumen khususnya wisatawan dari luar Yogyakarta yang penasaran dengan Takoyaki Disini hingga akhirnya datang ke tokonya untuk mencoba.
Dengan semakin berkembangnya usaha tersebut, ke depannya Sarif akan fokus untuk memasarkan produknya melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, Ia juga memiliki rencana untuk mengembangkan usahanya dengan membuka cabang baru di Bali.