Ilustrasi digitalisasi UMKM. (Foto: Mulyanto Elsa)

Jakarta, MNEWS.co.id –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, perlunya dorongan lebih agar semakin banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang masuk dalam e-commerce.

Jokowi menjelaskan, melalui pelatihan penggunaan teknologi digital untuk UMKM, yang harus terus diperbanyak.  Saat ini model pelatihan online sudah mulai dalam program kartu pra kerja, yang sebagian besar menggunakan pelatihan bersifat ringan dan praktis.

Hal seperti ini juga bisa dilakukan oleh kementerian/lembaga bekerja sama dengan komunitas digital dengan memberikan pelatihan-pelatihan online secara gratis.

Ia meyakini dengan kolaborasi yang melibatkan komunitas digital indonesia termasuk Microsoft, kekuatan Indonesia akan semakin berlipat ganda untuk mempercepat proses transformasi digital yang sedang dilakukan.

Jokowi memaparkan transformasi digital adalah pintu bagi UMKM agar bisa masuk dalam marketplace digital dan menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global.

“Kita ingin transformasi digital bisa menyasar jutaan UMKM di negara kita Indonesia. kita harus mampu menggunakan momentum pandemi untuk menyiapkan UMKM bisa naik kelas,” ungkapnya.

Menurutnya, transformasi digital adalah pintu masuk agar UMKM bisa masuk dalam marketplace digital dan bisa menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global. “Data yang saya miliki menunjukkan terjadinya peningkatan transaksi penjualan online 10 sampai 15 persen. Hal ini memperkuat kampanye nasional untuk membeli produk-produk UMKM yang terwadahi dalam e-commerce. Apalagi kita sudah memiliki 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang sudah terhubung dengan wadah digital,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here