GoPay Membantu UMKM dalam Meningkatkan Ekonomi Nasional

Rasti R | 30 Agustus 2019, 13:24 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Peran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sangatlah besar dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari penjual sayuran di pagi hari, makan siang di warteg, hingga membeli keperluan pribadi di warung-warung tak lepas dari jasa UMKM. UMKM ada di mana-mana, mulai dari gang sempit hingga mall beken sekalipun.

Melalui data yang diperkuat oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melalui laman websitenya tercatat pada 2017 jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62.9 juta. Dengan jumlah sebanyak itu maka UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.

Meskipun UMKM merupakan usaha yang kecil namun dampak yang dihasilkan sangatlah besar yaitu sekitar 98,8%  unit usaha yang ada di ekonomi.  UMKM juga turut menyumbang 60,3 % terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Suryani Motik mengungkapkan bahwa UMKM dapat membantu pemerintah dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi Nasional. Hal ini terjadi lantaran UMKM tersebar di seluruh penjuru negeri dan menguasai sekitar 99% aktivitas bisnis. 

Selain itu ada beberapa faktor yang memperkuat UMKM dalam membangun perekonomian nasional, yaitu memiliki kemampuan fokus yang spesifik, fleksibilitas nasional, biaya rendah, dan kecepatan inovasi. Era digital pun juga memberikan dampak positif untuk UMKM yang semakin berkembang pesat, dan perlahan namun  pasti menyelesaikan masalah tersebut dan khususnya bagi keberlangsungan UMKM.

Salah satu perusahaan yang membantu perekonomian UMKM  di Indonesia adalah Gojek. Nadien Makarin selaku CEO Gojek, mengungkapkan bahwa saat ini GoPay berada dalam ekosistem Gojek itu turut membantu keberlangsungan UMKM di Indonesia. Caranya dengan menjadi jembatan penghubung antara konsumen dengan UMKM dan selalu berupaya meningkatkan pendapatan UMKM dengan mendorong lebih banyak transaksi, seperti menyediakan promo menarik.

GoPay juga bekerja sama dengan 28 bank dan lembaga jasa keuangan untuk semakin mempermudah UMKM. Semua langkah tersebut dilakukan untuk membantu roda perekonomian di sektor ini. Karenanya bertransaksi menggunakan layanan ini pun berarti pengguna sudah ikut untum membantu para pelaku UMKM. Berkat upayanya tersebut, Gopay dinobatkan sebagai salah satu perusahaan pengubah dunia versi majalah Fortune di tahun 2019. Itulah alasan mengapa UMKM disebut sebagai penopang perekonomian nasional. Terlebih saat ini keberlangsungan UMKM dapat terus berlanjut berkat kemajuan teknologi. 

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar