Akademi Mitra Usaha Gojek. (Foto: Gojek)

Jakarta, MNEWS.co.id – Gojek hadirkan Akademi Mitra Usaha (KAMUS) dan tren bisnis menarik selama Ramadan melalui rangkaian webinar yang bisa diikuti oleh pelaku usaha UMKM.

Hal ini dilakukan demi mendukung pertumbuhan UMKM untuk memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui platform digital. Lewat ajang tersebut, pelaku usaha mendapatkan pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya, salah satunya dengan mengenal pola bisnis selama Ramadan.

VP Merchant Marketing Gojek, Bayu Ramadhan menjelaskan, Akademi Mitra Usaha sejalan dengan misi Gojek untuk membantu digitalisasi UMKM baik melalui solusi teknologi maupun non-teknologi.

Ia menambahkan, wadah edukasi dari Gojek yang menaungi beragam komunitas ini, ditujukan untuk pelaku usaha dari berbagai kalangan. Mulai dari yang baru memulai bisnis hingga yang ingin naik kelas dan mengeluarkan inovasi baru.

Akademi Mitra Usaha oleh Gojek merupakan wadah edukasi pengembangan kompetensi UMKM #MelajuBersamaGojek yang menaungi berbagai komunitas mulai dari Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), A Cup of Moka (ACOM), Bincang Biznis GoBiz, hingga Temu Midtrans.

Selama Ramadan 2021, Akademi Mitra Usaha oleh Gojek akan mengadakan rangkaian webinar edukatif bertajuk SEDEKAH – Sesi Edukasi Ramadan Berkah yang membahas resep sukses pertumbuhan bisnis kuliner, ritel, dan jasa.

Webinar edukatif ini akan fokus pada pembahasan tren bisnis Ramadan, pelatihan pemasaran secara daring dilengkapi dengan diskusi bersama para praktisi yang ahli di bidangnya.

Melalui rangkaian solusi digital menyeluruh di bawah inisiatif #MelajuBersamaGojek tersebut, diharapkan UMKM dapat berkembang ke ranah online dan memperluas skala bisnisnya.

Untuk memberikan solusi non-teknologi, dalam kurun waktu satu tahun terakhir Gojek telah memfasilitasi pelatihan kepada lebih dari 20 ribu peserta UMKM di berbagai kota di Indonesia.

Sementara itu, Direktur SMESCO, Leonard Theosabrata menyampaikan apresiasi kepada Gojek yang secara konsisten telah mengambil peran dalam menciptakan ekosistem UMKM yang sehat dan berdaya saing di Indonesia.

Sebagai salah satu rekan Gojek dalam rangkaian pelatihan ini, SMESCO berkomitmen untuk membantu UMKM agar segera Go Online bersama Gojek yang dibuktikan dengan pelatihan kepada lebih dari 200 UMKM dan akan terus berlanjut sampai penghujung tahun 2021.

“Kami harap kolaborasi ini dapat membantu mengembangkan UMKM, sehingga memiliki produk unggulan dengan nilai tambah yang lebih tinggi dan menjangkau pasar yang lebih luas,” ungkap Leonard.

Untuk memperluas materi pelatihan, rangkaian webinar ini turut berkolaborasi dengan SiberKreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) serta SMESCO sebagai rekan yang berfokus pada kemajuan UMKM di Indonesia.

Selain mengikuti rangkaian pelatihan, pelaku usaha juga dapat meningkatkan wawasan bisnis dengan mengakses e-book insight bisnis Ramadan Gojek yang berisi temuan menarik berdasar data Gojek Ramadan tahun lalu, yang dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha di tahun ini.