Jakarta, MNEWS.co.id – Kendaraan tiga roda bertenaga listrik pertama di Indonesia telah lahir dari PT Solar Panel Indonesia (SPI), perusahaan industri swasta nasional bidang energi terbarukan. Kendaraan ini diberi nama Gelis alias Gerobak Listrik, yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan alat angkut bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Gelis merupakan kendaraan niaga hemat energi dan ramah lingkungan, serta segera diproduksi dan dipasarkan secara luas di Tanah Air.

SPI membuka pemesanan mulai hari ini (18/5), dengan tenggat pengiriman unit ke konsumen pada pertengahan Juni tahun ini.

“Gelis kami ciptakan sebagai kendaraan niaga yang berbasis pada energi listrik terbarukan. Kendaraan ini mudah digunakan, serta tidak membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan,” kata Budi Prasetyo, Pimpinan PT SPI.

Menurut Budi, penciptaan Gelis didorong dari keinginan dan harapan perusahaan untuk bisa membantu para pedagang UMKM. Kami ingin membuat pedagang UMKM lebih maju dalam berusaha. Dengan Gelis, mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih efisien dan para pekerja UMKM mampu meningkatkan taraf ekonominya.

Kehadiran Gelis di sektor UMKM diharapkan dapat mendorong perkembangan perekonomian nasional, sekaligus memberikan dampak pada penciptaan lingkungan hidup yang lebih baik.

Ary Tjahyono selaku Chief Marketing Officer SPI menyatakan perusahaan juga  menyiapkan perangkat-perangkat pendukung untuk efektivitas penggunaan Gelis. Salah satu yang utama adalah jaringan pemasaran dan layanan purnajual.

“Kami bekerja sama dengan perusahaan aplikasi online yang familiar di tengah masyarakat untuk menunjang efektivitas Gelis. Lewat aplikasi ini, konsumen dan calon konsumen bisa mengetahui segala hal tentang Gelis melalui telepon seluler,” ungkap Ary.

Dengan aplikasi khusus bertajuk HEY Indonesia ini, segala kebutuhan pelanggan Gelis bisa dilayani secara efektif dan tepat sasaran. Melalui aplikasi tersebut, konsumen akan lebih mudah mendapatkan pelayanan, sehingga nilai serta tujuan dari produk Gelis dapat dijalankan dengan baik pula.

Pada tahap awal, SPI mampu memproduksi 10 unit per hari di pabrik kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi ini akan terus dikembangkan seiring bertumbuhnya jumlah permintaan pasar.

Beberapa komponen Gelis telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali. Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi, dan roda, masih diimpor. Namun, ke depan tidak menutup kemunginan PSI akan terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gelis.

Saat ini ada tujuh diler telah beroperasi untuk melayani penjualan dan purnajual Gelis. Tiga dari tujuh jaringan resmi tersebut berada di Jakarta. Sementara Bogor, Surabaya, Malang, dan Denpasar masing-masing satu diler.