Ilustrasi UMKM Milenial. (Foto: Media Center Riau)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menjadi pengusaha sukses di usia muda adalah impian generasi milenial saat ini. Mempunyai penghasilan sendiri dan dapat membantu keuangan keluarga tentunya menjadi suatu hal yang membanggakan. Maka dari itu, generasi milenial diajak untuk jeli melihat peluang usaha dalam kondisi pandemi Covid-19. Meski dalam krisis, pasti ada kesempatan peluang berusaha.

“Kondisi Covid-19 mengubah perilaku masyarakat seperti, banyak di rumah, terkoneksi melalui digital. Pendidikan melalui jarak jauh dan lainnya. Kondisi itu terdapat peluang yang bisa dimanfaatkan” kata pengusaha nasional Sandiaga Uno.

Dalam kondisi seperti saat ini juga, ada beberapa sektor yang menjadi pemenang. Di antaranya kesehatan, telekomunikasi, digitalisasi, pangan, dan lainnya.  “Pandemi atau krisis itu sebuah peluang jika kita bisa menangkapnya. Untuk itu yang diperlukan hanya tetap optimis dan fokus pada pasar,” ujar Sandi.

Sandi pun membagikan kisahnya ketika menjadi pengusaha. Ia mengaku di PHK saat krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1998. “Di tengah krisis saya malah kehilangan penghasilan, namun karena itu saya memberanikan diri menjadi konsultan keuangan” tambahnya.

Sebelumnya usaha yang Ia bangun hanya memiliki karyawan sejumlah 3 orang. Namun, saat ini sudah berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi 30.000 orang di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, Sandi meyakini bahwa generasi milenial saat ini harus bisa jeli melihat peluang usaha di tengah pandemi. Karena melalui peluang usaha tersebut bisa menangkap berbagai potensi usaha yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here