Ilustrasi Aplikasi Game. (Foto: Tagar.id)

MNEWS.co.id – 11 perusahaan game lokal mempromosikan karya buatannya dalam ajang Gamescom yang akan dilaksanakan pada 23-27 Agustus 2023 di Koelnmesse, Koln, Jerman.

Keikutsertaan 11 game lokal karya pelaku ekonomi kreatif Indonesia tersebut terselenggara atas kolaborasi beberapa pihak, antara lain Kemenparekraf, Kemenkominfo, Kemendag, Disparekraf DKI, KBRI Berlin, KJRI Frankfurt, ITPC Hamburg, Asosiasi Game Indonesia, dan Asosiasi Cakra.

“Potensi dari industri game ini meningkat sangat signifikan dari tahun ke tahun, pelaku industri game lokal bisa mengakhiri dominasi developer game dari luar negeri dan memimpin pasar dalam negeri. Generasi penerus pengembang game lokal harus hadir. Ekosistem digital di Indonesia harus kita perkuat,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan pers yang dikutip oleh MNEWS.co.id.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekeaf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan pihaknya mengusung tagline “Games From Indonesia” agar bisa bergema di Jerman.

“Kami ingin tunjukan kepada dunia kalau Indonesia bukan hanya market tapi bisa juga menjadi ‘pemain’ di industri game dunia karena kita memiliki talent-talent yang bagus,” ujarnya.

Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Berlin Andri Nugroho mengungkapkan, pasar game di Jerman merupakan pasar game terbesar di Eropa. Pada 2024 diperkirakan ada perputaran uang sebesar 84 miliar euro di industri game di Jerman. 

“Untuk itu kita ingin memanfaatkan potensi dan talent-talent games di Indonesia yang keren-keren bukan hanya menawarkan produk tapi juga menjadi bagian dari industri game di Jerman,” ujarnya.