Festival Jajanan Lokal libatkan 3.190 UMKM pecahkan rekor MURI. (Foto: Blibli)

Jakarta, MNEWS.co.id – Festival Jajanan Lokal Blibli pada rangkaian perayaan kemerdekaan bertajuk #PejuangLokal memecahkan rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM Terbanyak, yang diberikan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor itu berhasil dipecahkan Blibli dengan melibatkan 3.190 seller UMKM dan menyediakan lebih dari 57.000 produk kuliner termasuk jajanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Vice President Galeri Indonesia Blibli Andreas A Pramaditya mengatakan, penghargaan MURI dipersembahkan bagi seluruh pelaku dan pegiat UMKM yang telah menjadi #PejuangLokal.

“Mereka adalah pejuang ekonomi nasional di era industri 4.0 yang telah gigih mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital agar tetap produktif meskipun banyak keterbatasan yang ditetapkan di saat pandemi,” kata Andreas.

Berdasarkan data riset Blibli bersama Litbang Kompas dan Boston Consulting Group (BCG) tentang perkembangan UMKM di Indonesia, pelaku UMKM yang sudah go online bisa menghasilkan pendapatan 1,1 kali lebih tinggi dan meningkatkan potensi sebesar 2,1 kali lipat untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia, dibandingkan yang UMKM offline.

Festival Jajanan Lokal yang digelar Blibli pun memungkinkan pelanggan untuk mengakses beragam kuliner nusantara sekaligus menumbuhkan kebanggaan terhadap produk Indonesia. Dengan cara ini, Blibli mengajak semua untuk jadi #PejuangLokal kuliner,

Dalam program Festival Jajanan Lokal tersebut, Blibli juga berkolaborasi dengan Tirta Lie, food blogger kuliner Indonesia, untuk menghadirkan kurasi 130 menu jajanan lokal. Pada festival kuliner daring ini tidak hanya menyajikan kuliner lokal dalam bentuk menu restoran, tapi juga termasuk camilan, kue basah, frozen food, hingga aneka minuman.

Ragam kuliner ini berhasil mendorong minat masyarakat sebagai #PejuangLokal untuk menikmati sekaligus mendukung transaksi produk kuliner lokal di Blibli. Ditegaskan oleh data yang tercatat bahwa, Festival Jajanan Lokal berhasil menggaet lebih dari 3.000 seller UMKM, terbanyak dari semua festival sebelumnya.

Kegiatan ini juga menambah deretan festival kuliner daring yang pernah diselenggarakan Blibli sebelumnya, seperti Festival Mie Online, Festival Nasi Online, Festival Kuliner Imlek, dan berbagai festival lainnya.

“Harapannya, pencapaian rekor MURI bisa menjadi semangat dan motivasi bagi Blibli untuk menjadi mitra strategis dengan stakeholder terkait UMKM Indonesia goes digital agar usahanya berkembang di platform kami menggunakan ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang pada akhirnya memutar roda ekonomi nasional,” ungkap Andreas.

Festival Kuliner ini yang menjadi salah satu rangkaian Festival #PejuangLokal ini diselenggarakan pada 11-20 Agustus 2021, di platform e-commerce Blibli. Selain produk kuliner, juga terdapat UMKM yang menjual produk lokal lainnya, seperti fesyen, perabotan rumah tangga, hingga elektronik. Rangkaian kegiatan ini merupakan komitmen Blibli untuk mendukung pertumbuhan produk lokal secara berkelanjutan.

Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo mengapresiasi langkah Blibli untuk terus mempromosikan dan memberikan kesempatan bagi banyak pelaku UMKM kuliner untuk memperluas jangkauan pasar.

“Untuk itu, pencapaian Blibli lewat Festival Kuliner #PejuangLokal, MURI pun mencatat bahwa kegiatan ini layak menerima rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM terbanyak,” pungkasnya.