GoSend menggelar acara peluncuran buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital’ yang digelar di Toko Buku Gramedia Pandanaran, Semarang. (Foto: Dok/Gojek)

Semarang, MNEWS.co.id – GoSend menggelar acara peluncuran buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital’ di Semarang. Buku ini merupakan bagian dari kampanye #BestSellerGoSend yang bertujuan untuk memperkaya ilmu bisnis dan pemasaran para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. Acara ini juga sekaligus menandai diluncurkannya layanan GoSend Sameday di kota Semarang.

Buku ini merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital, mulai dari strategi menangkap peluang dan merintis usaha baru setelah pandemi, strategi social selling yaitu teknik berbisnis masa kini yang mengandalkan kreativitas dalam berkomunikasi melalui sosial media, hingga tips membangun loyalitas konsumen.

Saat menghadiri acara peluncuran buku yang digelar di Toko Buku Gramedia di Pandanaran, Head of Regional Corporate Affairs Gojek Central & West Java, Mulawarman menyatakan bahwa kehadiran buku ini merupakan sebuah bentuk dukungan dari Gojek bagi UMKM di kota Semarang.

Mulawarman mengungkapkan, berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI tahun 2021 silam, kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) diperkirakan sekitar Rp5,8 triliun di tahun 2020 atau setara dengan 3,1% PDRB untuk Semarang. Kontribusi besar ini menunjukkan peran penting UMKM dalam pemulihan ekonomi di tingkat lokal pascapandemi.

Di saat bergerak ke situasi pasca pandemi, lanjut Mulawarman, pelaku UMKM perlu membaca perubahan dan tantangan serta peluang apa saja yang menanti di depan mereka, khususnya di era digital.

“Untuk mencapai hal ini, para pelaku UMKM tanah air membutuhkan dukungan dari semua pemangku kepentingan, mulai dalam bentuk peraturan yang suportif, ekosistem digital yang mumpuni, hingga mentoring, knowledge transfer, dan support system dari sesama pelaku usaha,” jelas Mulawarman.

Dalam penulisannya, buku ini melibatkan sejumlah pakar di bidang bisnis dan pemasaran, khususnya di sektor UMKM agar dapat menyajikan materi yang tepat guna. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan kisah inspiratif dari para #BestSellerGoSend yang membagikan pengalaman serta tips dan trik lika-liku berwirausaha.

Diluncurkannya buku ini melanjutkan upaya berkelanjutan GoSend untuk mendukung pelaku UMKM social seller dalam meningkatkan skala bisnisnya.  Di tahun 2021 lalu, riset oleh Lembaga Demografi FEB UI menemukan bahwa mayoritas konsumen (79%) di kota Semarang mengatakan bahwa mereka selalu memanfaatkan layanan GoSend.

Sinergi layanan logistik yang handal dan partner e-commerce pun turut menjadi pilihan bagi para seller, dimana melalui data internal GoSend yang mencatat kenaikan transaksi Q1 2022 GoSend di Tokopedia sebanyak lebih dari 2x lipat dibandingkan tahun lalu, dan jumlah seller UMKM pengguna GoSend di Tokopedia yang naik 65% pada periode yang sama.

District Head Gojek Semarang, Rian Tri Laksono mengungkapkan, saat ini, jumlah UMKM yang sudah onboarding ke ekosistem digital mencapai 17,2 juta (Desember 2021) dan diharapkan pada tahun 2024 jumlahnya bisa mencapai 30 juta.

“Di Semarang sendiri, 1 dari 5 mitra UMKM adalah pengusaha pemula yang langsung go-digital,” jelas Rian.

Data internal GoSend juga mencatat kenaikan transaksi Q1 2022 GoSend Tokopedia di Semarang sebanyak lebih dari 4.3 kali lipat (432%) dibandingkan tahun lalu.

“Dengan pandemi yang mengakselerasi para pelaku usaha untuk go-digital, PR penting bagi para social seller adalah untuk beradaptasi  dan cepat dalam belajar dalam melakukan social selling,” ungkapnya.

Dikemas secara ringan buku ini terdiri dari 4 bab utama yang mencakup perpaduan wawasan bisnis dari para pakar di bidang UMKM dan pemasaran, serta kisah sukses para #BestSellerGoSend, yaitu Memulai Usaha Baru Sejak Pandemi; Berawal dari Social-Selling; Lika-liku Bisnis untuk kategori F&B, Fashion, Art Craft; dan Tips Penting dari Seller untuk Sellers yang meliput Brand Activation, Content Creation & Risk Management.

Diterbitkan Elex Media Komputindo, buku ini juga memuat informasi mengenai program #BestSellerGoSend, di mana para seller dapat bergabung dan mendapatkan promo spesial, program loyalty, welcoming kit, Best Seller Award, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi agar jualan semakin laris.

Seluruh hasil penjualan buku BestSeller akan digunakan sepenuhnya untuk program pengembangan UMKM oleh GoSend.