Dorong Pangsa Pasar Produk UMKM, Rans Carnival Siap Diadakan di 14 Kota. (Foto: Kemenkop UKM)
Dorong Pangsa Pasar Produk UMKM, Rans Carnival Siap Diadakan di 14 Kota. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai upaya untuk mendorong pangsa pasar produk-produk UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM bersama Raffi Ahmad akan menggelar Rans Carnival di 14 kota di Indonesia. Sebagai kick off, Rans Carnival akan diadakan pada 27-29 Maret 2020 di Makassar.

Dalam Rans Carnival ini, berbagai produk UMKM akan dipajang untuk menarik buyer yang datang dalam acara tersebut. Selain itu produk UMKM juga akan diendorse melalui channel Youtube, Instagram dan media sosial Raffi Ahmad. Diharapkan dengan upaya ini produk-produk UMKM akan semakin diminati pasar. Secara tidak langsung Raffi Ahmad akan menjadi influencer atas produk-produk UMKM.

“Jadi saya senang sekali bisa berkolaborasi dalam Rans Carnival ini, apalagi nanti keliling ke daerah. Ini bisa promosikan produk UMKM sehingga ekonomi terus bergerak karena jika produk UMKM maju ekonomi indonesiaa akan maju,” kata Teten dalam konferensi pers Rans Carnival di Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (26/2/20).

Di Rans Carnival akan disediakan ruang konsultasi juga untuk tanya jawab bagaimana mengembangkan usaha hingga mencari pembiayaan sampai marketing jualan di internet dan lain sebagainya.

Raffi Ahmad akan berbagi tips kepada pengunjung khususnya UMKM bagaimana memasarkan produk-produknya melalui media digital seperti media sosial. Menurutnya dengan jumlah follower yang begitu besar, produk UMKM akan mudah dikenal oleh masyarakat.

Raffi ingin mengajak pelaku UMKM khususnya yang muda-muda ini mengikuti dan menggunakan media digital sebagai sarana untuk membesarkan usahanya. Menurutnya pelaku UMKM harus mulai melek teknologi dan harus pintar membaca peluang agar produk-produknya diminati masyarakat.