Kepala Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Koperasi Nira Kamukten untuk melakukan monitoring proses bisnis Koperasi yang bergerak di bidang usaha gula semut (9/9/23). (Foto: Dinkop UKM Jateng)

MNEWS.co.id – Jawa Tengah (Jateng) saat ini menjadi salah satu daerah eksportir gula semut terbesar di Indonesia. Koperasi-koperasi yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas, Purworejo, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo dan Kebumen menjadi koperasi produsen gula semut yang berkontribusi mensejahterakan para petani gula kelapa lokal.

Salah satu contohnya adalah Koperasi Nira Kamukten yang telah berkolaborasi dengan Fair Trade Association (FTA) dalam rangka proses ekspor gula semut di Jawa Tengah. Keuntungan dari kolaborasi ini dapat secara langsung dinikmati oleh para anggota Koperasi Nira Kamukten melalui berbagai program yang telah diimplementasikan.

Dinas Koperasi UKM (Dinkop UKM) Provinsi Jateng memberikan dukungan kepada Koperasi Nira Kamukten dalam upaya terus memperluas usaha gula semut mereka.

Kepala Dinkop UKM Prov Jateng pun berharap Koperasi Nira Kamukten dapat menjadi inspirasi bagi koperasi produsen lainnya untuk menjalin kerja sama dengan koperasi, perusahaan, atau organisasi lain guna mengembangkan bisnis yang berkontribusi pada kesejahteraan bersama serta pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah melalui model kerja sama koperasi.