Jakarta, MNEWS.co.id – Memasuki kuartal akhir di tahun ini, para pelaku bisnis mulai melakukan kampanye pemasaran menyambut momen Mega Sales atau festival belanja lainnya.
TikTok sebagai platform terdepan untuk distribusi video singkat menjadi salah satu wadah yang bisa dipilih para brand lokal termasuk UMKM, untuk merangkul lebih banyak audiens bahkan meningkatkan penjualan.
Ada berbagai strategi yang dapat dilakukan para pelaku bisnis untuk memenangkan momen Mega Sales di TikTok. Berikut adalah beberapa cara dan tips dari beberapa brand lokal yang sudah aktif melakukan pemasaran di TikTok yaitu:
Ketahui Sasaran Penjualan
Komunitas TikTok yang beragam memiliki ketertarikan yang berbeda-beda, mulai dari kecantikan, komedi, makanan, teknologi, dan lain-lain. Untuk dapat menarik perhatian konsumen di momen Mega Sales, memahami target audiens yang sesuai dinilai penting agar UKM dapat menyajikan informasi yang pas.
CEO Dear Me Beauty Nikita Wiradiputri berbagi pengalaman tentang bagaimana produk skin care ini membutuhkan waktu hingga dua minggu untuk mengamati inspirasi konten dari target konsumen yang akan disasar.
“Setelah mengetahui target konsumen mana yang kami sasar, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan custom audience targeting di TikTok, agar konten pemasaran yang kami sajikan bisa ditonton oleh audiens yang tepat,” katanya.
Sementara itu, Dear Me Beauty juga melakukan custom audience targeting dengan range yang lebih luas. Mereka berhasil mendapat trafik sebanyak 92 ribu kunjungan ke halaman akun mereka. Serta meningkatkan penjualan hingga 60 persen selama kampanye Harbolnas 12.12 berlangsung.
Manfaatkan Iklan Untuk Target Bisnis
Sasaran masing-masing bisnis memiliki target berbeda berdasarkan skala bisnis, kategori produk, serta perjalanannya menembus pasar. Iklan Tiktok memberikan kemudahan untuk UKM mencapai tujuan bisnisnya dengan sistem pengaturan budget iklan yang fleksibel.
Brand UKM Acome, menyarankan penggunaan In-Feed Ads dengan biaya yang bisa disesuaikan untuk mengerahkan traffic ke marketplace selama momen Mega Sales, berdasarkan pengalaman mereka saat Harbolnas 12.12 tahun lalu.
“Setelah mendapatkan brand awareness, tahap selanjutnya adalah driving traffic ke marketplace yang sedang ramai dengan promo Mega Sales juga,” kata Online Retail Director Acome Indonesia Alex Wei Hu.
Kolaborasi Kreator
Pelaku usaha bisa bekerja sama dengan kreator konten untuk melakukan review produk dengan cara yang otentik dan kreatif, selama periode Harbolnas tahun lalu di TikTok.
“Brand kecantikan sering dikaitkan dengan konten yang serba diedit. Melalui TikTok, kami justru merasa ulasan jujur dan otentik adalah cara yang tepat untuk memasarkan produk kami, sekaligus kami juga bisa bersenang-senang melakukannya,” kata Nikita.
Bisnis kecil maupun menengah dapat memanfaatkan TikTok sebagai platform promosi yang praktis untuk momen Mega Sales mendatang.