Ilustrasi permen dalgona. (Foto: Kompas)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalgona Candy (Korean Honeycomb Toffee) adalah permen di Squid Game yang menjadi viral di internet. Dipopulerkan oleh serial Netflix, permen Dalgona adalah permen tradisional Korea yang mudah dibuat di rumah untuk dinikmati dan dibuat sesuai kreativitas.

Dalam serial Squid Game, para pemain terlihat mencoba mengukir bentuk dari permen toffee sarang lebah tanpa merusaknya atau mempertaruhkan nyawa mereka jika kalah.

Permen Dalgona terbuat dari gula dan soda kue. Manisan Korea kuno ini memiliki tekstur seperti permen sarang lebah yang keras. Umumnya penjual akan menyiapkannya menggunakan sendok sup dan membuatnya menjadi kue bundar dengan bentuk di tengahnya. Bentuk di tengah biasanya lingkaran, bintang, segitiga atau payung.

Dalam permainan dalgona, pemain harus mengukir bentuk dari kue sarang lebah Korea yang disebut permen Dalgona. Di Korea, permainan dalgona secara tradisional dikenal sebagai Ppopgi.

Ppopgi yang berarti ‘memilih’ adalah permainan yang sangat populer di Korea selama tahun 1960-an dan 1970-an. Permen tradisional Korea ini banyak dijual oleh pedagang kaki lima, terutama di luar sekolah. Anak-anak akan menerima tantangan untuk tidak merusak bentuk tengahnya.

Anak-anak sering menggunakan jarum atau tusuk gigi untuk memilih bentuk tengahnya. Beberapa penjual bahkan akan membagikan permen honeycomb kedua jika anak-anak berhasil.

Dalgona candy sebenarnya memiliki jenis serupa di berbagai negara, misalnya gulali di Indonesia, sponge candy di Minnesota dan honeycomb di bagian lain AS, Australia, Inggris, sponge toffee di Kanada.

Permen dalgona memiliki sekitar 70 kalori karena hanya dibuat dengan gula dan soda kue. Gula dilelehkan di atas api terbuka dan kemudian sedikit soda kue ditambahkan. Warna gula cair akan berubah menjadi warna karamel lebih terang dan sedikit mengembang/spongy.

Campuran cair ini dengan cepat dituangkan di atas alas silikon kemudian diratakan dengan press dan cetakan ditekan di atas permen untuk membuat lekukan simbol. Setelah permen mendingin, itu mengeras dan renyah dan menjadi lapang dan penuh dengan lubang (sarang lebah) tekstur di dalam permen.

Resep dan cara membuat dalgona candy.

Bahan-Bahan
2 sdm gula pasir
sejumput baking soda

Cara Membuat

  1. Taruh gula pasir di centong stainless steel. Panaskan di atas kompor sampai gula meleleh.
  2. Tambahkan sejumput baking soda. Aduk-aduk sampai berbuih. Pastikan baking sodanya sejumput saja karena bila terlalu banyak, hasilnya malah akan pahit.
  3. Setelah adonan gula dan baking soda berbuih, tuang di atas alas plastik.
  4. Pipihkan dengan cara ditekan menggunakan cetakan. Biarkan dingin hingga permen mengeras.