Ilustrasi UMKM Kuliner. (Foto: Tribunnews)

Jakarta, MNEWS.co.id – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), sejak 2019 lalu, telah meluncurkan iPangananDotcom selaku supermal pangan online yang menyediakan beragam kebutuhan makanan pokok seperti beras, gula, hingga minyak goreng. Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) rencananya akan dilibatkan dalam perluasan keberadaan toko pangan online tersebut.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, Bulog optimis akan mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan. Meskipun, angka pencapaian penjualan tersebut telah turun dari target awal.

“Target kami tahun ini sebesar Rp32 triliun, dari awalnya Rp38 triliun. Mudah-mudahan pada semester I ini kita bisa mencapai 50%,” katanya.

Keyakinan Tri itu salah satunya didasari platform digital yang dimiliki Bulog saat ini. Toko online pangan itu diberi nama iPangananDotcom, yang menyediakan kebutuhan makanan pokok seperti beras, gula, hingga minyak goreng. “Toko online pangan tersebut saat ini telah tersedia di 7 kota, dimana yang terbesar berada di wilayah Jabodetabek,” terangnya.

Ia menambahkan, Bulog ke depannya akan memperluas iPangananDotcom ke beberapa daerah, tentunya dengan menggandeng lebih banyak supplier seperti pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Ke depan kita tidak hanya mengembangkan di 7 kota, kita prediksi kita bisa lebih dari 15 kota. Terlebih Menteri Koperasi dan UKM saat ini sedang mengembangkan bisnis Bulog, dimana Bulog harus ada di tengah bersama BUMN pangan lainnya. Sehingga, Bulog dan BUMN pangan bisa menampung produksi dari para UMKM dan petani,” kata Tri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here