Pengunjung sedang melihat-lihat gitar yang dipamerkan oleh Anggota BNI UKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara) Batik Soul Guitars asal Sukoharjo. (Foto: Dok BNI)
Pengunjung sedang melihat-lihat gitar yang dipamerkan oleh Anggota BNI UKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara) Batik Soul Guitars asal Sukoharjo. (Foto: Dok BNI)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hasil binaannya untuk mengikuti pameran di dalam negeri. Dengan mengundang 30 UMKM binaan terbaiknya, BNI menggelar Pameran dan Pelatihan UMKM di Kantor Pusat BNI, Jakarta, selama 2 hari, dari 2 hingga 3 Maret 2020.

Seluruh peserta UMKM yang diundang memiliki kesempatan untuk dinilai (dikurasi) oleh kurator profesional, Jennifer Isaacson. Pelatihan dan pameran ini dibuka oleh Pemimpin Divisi Bisnis Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo. Acara ini merupaka kerja sama antara  Bank BNI dengan Konsulat Jenderal RI New York. Bagi UMKM yang berhasil lolos dari kurasi ini akan diajak berpartisipasi dalam pameran New York Now (NYNOW) 2020.

Bank BNI memanfaatkan kesempatan tersebut menyeleksi UMKM untuk ikut dalam pameran di beberapa event terkenal di dalam negeri seperti Inacraft dan juga luar negeri seperti Dubai Expo. Sebanyak 65% UMKM Unggulan yang hadir pada acara kali ini telah melakukan ekspor dan kontak dagang dengan pembeli dari luar negeri.

Bambang menjelaskan BNI berperan aktif dalam mengembangkan UMKM pada beragam sektor, mulai dari fashion, kerajinan, hingga kuliner Indonesia. BNI melakukan kurasi atau seleksi bagi kelompok UMKM unggulan yang diberi nama BUNGA Nusantara atau BNI UKM Unggulan Nusantara. UMKM binaan yang tembus ke dalam BUNGA Nusantara memperoleh kesempatan untuk satu langkah lagi ke arah pameran ternama, baik di luar maupun dalam negeri.

Melalui kegiatan ini BNI berharap dapat membantu pelaku usaha untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kepada masyarakat sebagai produk unggulan yang telah mempunyai nilai jual dalam skala pameran. BNI juga berharap dapat membuka peluang kerja sama dari pihak lain baik institusi maupun individu dengan UMKM binaan BNI.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Meiliana menyampaikan bahwa UMKM Bunga Nusantara berasal dari mitra-mitra binaan BNI di Rumah Kreatif BUMN (RKB) serta pelaku usaha binaan yang mendapatkan pembiayaan melalui BNI, terutama pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Meiliana mengatakan saat ini BNI telah mendukung pembukaan 45 RKB di seluruh Indonesia. Setiap RKB dibekali dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas produk dan penjualannya, mulai dari pelatihan mengemas, menentukan merek, dan digital marketing. Peningkatan kualitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu produk UMKM secara global.