Blibli.com dukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui promosi destinasi prioritas dan pengembangan UMKM lokal di platform Blibli Travel, ( Foto : Dok. Blibli.com)
Blibli.com dukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui promosi destinasi prioritas dan pengembangan UMKM lokal di platform Blibli Travel, ( Foto : Dok. Blibli.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan PT Global Digital Niaga (Blibli.com), untuk mempromosikan 10 destinasi wisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di daerah area destinasi wisata tersebut akan didorong bisnisnya  melalui platform Blibli.com. Langkah awalnya adalah dengan membuat halaman khusus Wonderful Indonesia di fitur Blibli Travel.

Blibli.com akan terus mengembangkan situs mikro khusus yaitu dalam Blibli Travel yang menyediakan paket wisata yaitu produk lokal khas daerah termasuk suvenir dan produk lainnya yang dihasilkan UMKM. 

Lay Ridwan Gautama, Senior Vice President Product Category, menjelaskan bahwa kedua promosi masih ditampilkan terpisah yaitu paket wisata dan jasa destinasi prioritas berada dalam Blibli Travel. Sementara untuk produk lokal hasil pelaku UMKM akan ditampilkan dalam kategori  Galeri Indonesia. “Kami punya mimpi itu bisa dijadikan satu dalam satu halaman, supaya ketika orang masuk ke halaman Lombok, dia bisa tahu ini ada paket wisata dan produk aslinya Lombok,” kata Lay Ridwan di Jakarta, Rabu (11/9/19).

Pada situs mikro “Wonderful Indonesia”, para pengguna Blibli.com dapat melihat promosi yang akan ditawarkan oleh 10 destinasi pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata lainnya. Para pengguna juga bisa mengakses produk UMKM yang telah tersedia di area tersebut. Beberapa destinasi dan kawasan yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, hingga Wakatobi dan Morotai. 

Blibli Travel diluncurkan sejak 2016 dan termasuk kategori yang masih baru, walaupun baru memasuki tahun ketiga namun telah mengalami pertumbuhan positif dengan pertumbuhan pada semester I hingga 300%. Sementara Galeri Indonesia Kaya telah merangkul 5.000 UMKM dengan menjual 10.000 produk dalam situs tersebut.

Selain itu Blibli.com juga mendukung perkembangan bisnis UMKM dengan adanya rangkaian program pelatihan. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pembekalan untuk UMKM, dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dan menjual bisnisnya secara online.

Ni Wayan Giri Adnyani selaku Plt Sekretaris Kementerian Pariwisata RI mengatakan, kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. “Kami menyambut baik kerja sama co-branding dengan Blibli.com dalam mendukung Wonderful Indonesia melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas, dan dukungan terhadap para pelaku UMKM guna mengembangkan produknya secara online,” kata Ni Wayan.