Jakarta, MNEWS.co.id – Blibli ikut berkontribusi menekan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan merilis kerja sama dalam program Gerakan ‘Masker untuk Indonesia’, untuk menggalang sumbangan masker kain bagi masyarakat yang membutuhkan.
Kerja sama ini menggandeng beberapa creativepreneur, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta desainer lokal dalam memproduksi masker kain. Donasi masker kain dapat dilakukan dengan membeli satu masker kain karya desainer lokal dan pelanggan secara otomatis menyumbang tiga masker.
Fransisca Krisantia Nugraha, SVP of Trade Partnership Blibli mengatakan, kerja sama ini merupakan dukungan Blibli atas imbauan pemerintah yang mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker kain guna menjaga kesehatan dan sanitasi.
“Selain itu, gerakan ini bertujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan masker kain dalam mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini sejalan dengan kampanye Blibli selama masa pandemi ini yaitu #KarenaSehatNo1,” katanya.
Blibli menyadari, masih banyak masyarakat, khususnya mereka yang kurang mampu, belum mendapatkan akses informasi dan alat kesehatan. Padahal penyebaran Covid-19 sangat cepat dan dampaknya sangat berbahaya.
Dampak signifikan dari pandemi Covid-19 tidak hanya pada kesehatan, melainkan juga pada ekonomi. Dampak ini dirasakan berbagai sektor usaha, khususnya UMKM. Inisiatif ini juga bertujuan mendukung roda bisnis UMKM yang akan memproduksi masker-masker kain yang dijual.
“Mendukung bisnis lokal telah menjadi komitmen Blibli sejak awal berdiri. Dalam situasi seperti ini, perusahaan harus bergotong-royong menyatukan suara untuk mencari cara menopang ekonomi Indonesia,” ujarnya.
Melalui kegiatan ini, Blibli berharap dapat mendorong penjualan serta pengiriman masker kain ke pelanggan dan masyarakat yang membutuhkan, serta penerima donasi. Masker-masker kain yang telah diproduksi akan disimpan di warehouse Blibli sehingga proses pengiriman dapat dilakukan lebih cepat dan gratis ongkos kirim.
“Kami sangat berterima kasih karena banyak pihak yang tergerak untuk membantu menyuarakan Gerakan Masker untuk Indonesia. Kami pun menyadari untuk menyukseskan misi ini, kami tidak bisa bekerja sendiri namun harus dengan berkolaborasi,” katanya.
Sejak pemerintah menyatakan bahaya Covid-19, Blibli terus berusaha menerapkan berbagai penyesuaian operasional demi keamanan dan kenyamanan pelanggan. Blibli meningkatkan sanitasi pusat logistik Blibli dan terus memantau kesahatan karyawan.
Tim warehouse hingga armada BES selalu dilengkapi dengan masker dan sarung tangan selama bertugas. Dalam proses pengiriman barang, Blibli serta mitra-mitra logistiknya juga telah menerapkan pengiriman tanpa kontak atau contactless shipping untuk mengurangi kontak antara kurir dan pelanggan.
Berbagai inisiatif untuk menangani COVID-19 juga telah dilakukan. Blibli terus mengajak masyarakat untuk ambil bagian, mulai dari beraktivitas #dirumahaja, berdonasi, hingga membeli masker kain untuk melindungi diri dan orang lain.