BI Perkuat Pelaku UMKM Kalbar Melalui Inkubator Teknologi Finansial

Regina Mone | 01 Juli 2019, 18:02 WIB

Pontianak, MNEWS.co.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar terus memperkuat daya saing pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan kembali meluncurkan program Inkubator Teknologi Finansial (Tekfin) tahap ke dua.

“Hadirnya Inkubator Tekfin tahap kedua yang diikuti 21 pelaku usaha ini sebagai kontribusi dan upaya BI Kalbar meningkatkan level pelaku usaha atau UMKM di Kalbar,” ujar Kepala KPw BI Kalbar, Prijono di Pontianak, Sabtu (29/6/2019) seperti yang dikutip dari kantor berita Antara.

Prijono menjelaskan dengan adanya program tersebut dapat memperkenalkan UMKM di Kalbar dengan Tekfin, sehingga dalam usahanya akan lebih optimal.

“Harapan kita UMKM di Kalbar mampu berkontribusi bagi kemajuan ekonomi daerah dan bahkan ekonomi nasional,” paparnya.

Ia menyebutkan pada tahap kedua peserta Inkubator Tekfin BI didorong masuk ke sistem pasar online atau marketplace.

“Kita akan memberikan dan mendampingi peserta sehingga potensi atau produk usahanya semakin maksimal,” jelasnya.

Sementara untuk hasil Program Inkubator Tekfin BI tahap pertama menurutnya secara umum berjalan baik. Perkembangan usaha peserta pun dinilai semakin bergerak.

“Tentu ada yang bergerak secara progresif dan pelan. Kita akan terus memantau. Pesan kita baik untuk yang angkatan pertama dan kedua ini mari terus berkolaborasi karena zamannya begitu,” paparnya.

Prijono melanjutkan, untuk peserta program tersebut pihaknya tentu telah melakukan seleksi yang ketat. Hal itu ditujukan agar hasilnya maksimal.

“Hal utama yang dipilih selain ada usahanya, yakni kemauan dan visi yang jelas dari pelaku usaha. Kita ingin mereka maju. Namun paling tidak kita lihat mereka mau bekerja keras dan memiliki visi yang jelas ke depan,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, A.L Leysandri menyambut baik adanya program yang dilaksanakan BI Kalbar. Menurutnya UMKM harus didorong untuk maksimal.

“UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Untuk itu perlu peran semua pihak untuk terus memajukannya. Kita menyambut baik program BI Kalbar ini. Programnya sudah sangat tepat karena sebagaimana tuntutan zaman,” jelasnya.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar