Pengunjung Belitung Expo 2023 di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan. (Foto: Adelina Nurmalitasari)

MNEWS.co.id – Terhubungnya produk lokal dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkualitas dengan seluruh masyarakat merupakan kunci agar produk Indonesia dapat naik kelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan hubungan tersebut adalah melalui penyelenggaraan pameran dengan memperlihatkan beragam produk unggulan dari berbagai daerah.

Sebagai penggerak ekonomi, Belitung Expo 2023 menjadi sarana yang tepat bagi UMKM Belitung untuk naik kelas dan mendapatkan akses pasar yang lebih luas serta untuk mengembangkan potensi produk unggulan Kabupaten Belitung.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menutup gelaran pameran Belitung Expo 2023 di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Belitung, Rabu (5/7/2023).

Tahun ini, Belitung Expo dilaksanakan pada 1—5 Juli 2023 yang sekaligus dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Tanjung Pandan ke-185.

Wamendag pun berharap kegiatan pameran seperti Belitung Expo diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin.

“Kami harap pameran yang mengedepankan produk dalam negeri seperti ini menjadi kegiatan rutin untuk menggerakkan ekonomi, baik ekonomi Belitung, maupun ekonomi Indonesia secara keseluruhan dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya dikutip MNEWS.co.id dari keterangan pers Kemendag.

Wamendag menambahkan, tahun lalu Kementerian Perdagangan juga bertindak sebagai manajer kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Provinsi Bangka Belitung.

Kementerian Perdagangan terus mendorong dan mendukung kegiatan pameran seperti ini sebagai salah satu bentuk promosi produk unggulan daerah Belitung kepada masyarakat.

Menurut Jerry, kolaborasi dan kerja sama dari para pemangku kepentingan tentunya menjadi kunci sukses dalam kemajuan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Bupati Belitung Sahani Saleh menjelaskan, Belitung Expo merupakan kegiatan yang sangat membantu perekonomian dan membangun UMKM khususnya di Pulau Belitung. Melalui Belitung Expo, pelaku UMKM satu dengan lainnya dapat saling berkolaborasi.

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendukung pariwisata Belitung terutama di tengah gelaran internasional seperti ASEAN Blue Economy Forum yang berlangsung pada awal Juli 2023,” pungkas Sahani.