Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate di Kabupaten Kulon Progo. (Foto ANTARA)

Kulonprogo, MNEWS.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memberikan bantuan akses internet kepada masyarakat Pagerharjo, Kecamatan Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jumat (16/10/20). Bantuan ini untuk mendukung kegiatan pariwisata dan ekonomi masyarakat.

“Kulon Progo merupakan daerah penopang DPSP Borobudur. Kegiatan wisata disini harus kita dukung agar berkembang,” kata Johnny dilansir dari siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Dalam kunjungannya di Kulon Progo, Johnny menjelaskan bahwa pihaknya menemukan fakta jika di Kulon  Progo masih banyak desa yang belum tersedia sinyal internet 4G. Karena itulah perlu dihadirkan sinyal internet untuk transformasi ekonomi digital.

“Secara bertahap dan tepat bermigrasi menjadi UMKM digital.Tapi ini sudah sekitar 14 persen dari UMKM sudah bermigrasi dan bertrasformasi menjadi UMKM digital. Dari 64 juta UMKM, sembilan jutanya sudah menjadi UMKM digital, dan diharapkan terus meningkat,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan, pihaknya sedang membangun jalur ‘Bedah Menoreh’ untuk menumbuhkan ekonomi dan pariwisata di wilayah utara Kulon Progo. Mengingat kendala yang dihadapi di wilayah utara selama ikn ik adalah banyaknya wilayah blank spot.

“Memang masih cukup banyak titik-titik blankspot, yang kemudian perlu ujntuk kita sikapi bersama. Infrastruktur jaringan internet masih ada keterbatasan-keterbatasan,” katanya.

Sutejo menambahkan, keberadaan jaringan internet sangat dibutuhkan untuk mempromosikan dan menjual hasil produk masyarakat dan potensi wisata saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here